Operasi Ketupat, 245 Petugas Gabungan Disiagakan di Nunukan

benuanta.co.id, NUNUKAN – Untuk memastikan mudik aman dan lancar, Polres Nunukan menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023 di halaman Apel Tribrata Polres Nunukan, Senin, 17 April 2023.

Amanat Kapolri Drs. Listyo Sigit Prabowo yang disampaikan Kapolres Nunukan AKBP Taufik Nurmandia, S.I.K., M.H, operasi ketupat 2023 melibatkan 148 personel Polri dan 261 personil gabungan yang terdiri dari TNI-POLRI Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas dan lainnya.

Sedangkan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari 85,5 juta orang pada tahun 2022, menjadi 123,8 juta orang pada tahun 2023 sehingga meningkatkan menjadi 44,8 persen.

Berkaitan dengan hal tersebut Presiden Joko Widodo menekankan bahwa, “Hati- hati, tahun ini ada lompatan besar masyarakat yang mudik. Dari 86 juta ke 123 juta dari survei. Artinya ada kenaikan kurang lebih 45 persen. Ini harus dihitung dan dikalkulasi dengan baik,” kata Taufik.

Baca Juga :  Polisi Masih Buru Pemilik 6 Kardus Kosmetik Ilegal di Sebatik

Nantinya Para personel tersebut akan menempati 2.787 pos yang terdiri dari 1.857 pos pengamanan yang berfungsi untuk pusat informasi, gatur dan rekayasa arus lalin, serta memastikan keamanan maupun ketertiban pada objek wisata, pusat perbelanjaan dan pusat keramaian lainnya, 713 pos pelayanan yang berfungsi untuk tempat istirahat pengemudi, manajemen rest area, pelayanan kesehatan, pemberian takjil gratis dan berbagai layanan lainnya, dan 217 Pos Terpadu yang berfungsi untuk pusat kodal operasi secara terintegrasi bersama stakeholder terkait dan dilengkapi dengan command center terpadu.

Baca Juga :  Kejar Target Triwulan II, BPPRD Nunukan Gelar Hunting Kendaraan Mati Pajak

Untuk memastikan operasi berjalan dengan optimal, Polri akan membagi 5 wilayah pengendalian utama di Pulau Sumatera – Jawa dan pengendalian secara kewilayahan di Polda lainnya dengan menjadikan NTMC Polri sebagai Posko Operasi Terpusat. Posko tersebut didukung oleh berbagai kemampuan, sehingga setiap perkembangan situasi di lapangan bisa termonitor secara real time.

Sedangkan di Kabupaten Nunukan akan sebanyak 14 pos pelayanan dan 2 pengamanan yang akan diberikan di tempat-tempat masyarakat, termasuk di pasar, maupun tempat objek wisata, pelabuhan dan bandara serta tempat ibadah.

Baca Juga :  Emosi Tidak Dipinjamkan Motor, Buruh Ini Pukul dan Ancam Temannya Pakai Parang

“Untuk pelayanan itu seperti ada yang mau berangkat akan atau kecapean lelah dan lainnya akan kita bantu. Kalau pengamanan kita lakukan patroli,” jelasnya.

Untuk di Nunukan personil gabungan pasukan operasi ketupat 2023, dalam rangka pengamanan idulfitri 1444 Hijriah sebanyak 245 orang.

Selain itu, Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, mengatakan pemerintah mendukung sesuai dengan kapasitas dengan kemampuan, karena apel seperti ini bukan pertama kali dilakukan namun sering kali dilaksanakan setiap tahunnya. “Kita bersinergi dan berkolaborasi dalam operasi ketupat,” tukasnya.(*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *