Bupati Berau Buka Musrembang RKPD Tahun 2024

benuanta.co.id, Berau – Sesuai Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, Musrenbang merupakan forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah yang bertujuan untuk membahas rancangan RKPD Kabupaten Berau Tahun 2024.

“Musrenbang RKPD Kabupaten di kecamatan yang telah selesai kita laksanakan. Oleh karena itu, diharapkan kita dapat bersama-sama berkontribusi memberikan masukan serta penajaman kembali prioritas dan program serta arah kebijakan pembangunan Kabupaten Berau tahun 2024. Agar, lebih sesuai dengan permasalahan dan isu yang sedang dihadapi Kabupaten Berau menghadapi Tahun 2024,” jelas Bupati Berau, Sri Juniarsih Kamis (6/4/2023).

Lebih lanjut, Sri menjelaskan RKPD Berau yang akan dilaksanakan tahun depan merupakan perumusan kebijakan pembangunan Kabupaten Berau.

“Pada tahap ketiga pelaksanaan RPJMD Kabupaten Berau Tahun 2021-2026. Ekonomi Kabupaten Berau tahun 2022 tumbuh sebesar 3,95 persen, melambat dibanding capaian tahun 2021 yang dapat tumbuh sebesar 5,36 persen dan menyumbang 6,19 persen terhadap total PDRB kabupaten kota se Provinsi Kalimantan Timur,” bebernya.

Kemudian untuk pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Kabupaten Berau sebesar 3,95 persen pada tahun 2022 ini, tidak terlepas dari pertumbuhan yang terjadi pada lapangan usaha yang ada di Kabupaten Berau.

“Dengan pertumbuhan lapangan usaha yang semuanya bernilai positif pada tahun 2022, turut memberikan andil positif terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Berau,” ungkapnya.

Termasuk lapangan usaha pertambangan dan penggalian yang memiliki kontribusi terbesar dalam perekonomian Kabupaten Berau.

“Memiliki andil atau sumber pertumbuhan terbesar yaitu sebesar 2,08 persen walaupun persentasenya tidak sebesar tahun 2021 yang mencapai 4,35 persen,” tuturnya.

Dijelaskannya melihat kepada kinerja ekonomi mulai memasuki fase percepatan/akselerasi pemulihan akibat pandemi Covid-19, beberapa hal perlu mendapat perhatian dalam penyusunan RKPD Kabupaten Berau Tahun 2024 adalah resesi ekonomi dunia.

“Yang secara langsung akan berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia yang termasuk di dalamnya adalah Kabupaten Berau. Tentunya kami selaku pemerintah daerah mengajak semua kalangan untuk sama-sama berupaya mengangkat ekonomi masyarakat untuk mewujudkan Berau berdaya saing,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2902 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *