Masa Jabatan Unsur Pimpinan Bawaslu Kaltara Berakhir, Seleksi Dilaksanakan Segera

benuanta.co.id, BULUNGAN – Unsur pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten kota masa jabatannya di tahun ini berakhir. Selain itu, unsur pimpinan Bawaslu Provinsi Kaltara juga ada yang berakhir.

Ketua Bawaslu Provinsi Kaltara, Suryani mengatakan untuk unsur Bawaslu Kaltara periode 2018-2023 akan berakhir di bulan Juli 2023 sedangkan Bawaslu kabupaten berakhir di bulan Agustus 2023.

“Tidak ada alternatif lain, yang jelas proses seleksi akan berjalan normal. Persiapan tim seleksi (Timsel) baik Provinsi maupun kabupaten kota akan disampaikan pada akhir bulan Maret atau awal April 2023,” ungkap Suryani kepada benuanta.co.id, Sabtu 18 Maret 2023.

Baca Juga :  Belum Dilantik Caleg DPR RI Terpilih Rahmawati Mulai Tepati Janji Politiknya 

Lanjutnya, proses seleksi sudah dimulai pada April hingga Juni 2023 untuk menghasilkan anggota Bawaslu provinsi hingga kabupaten kota.

“Timsel-nya berasal Bawaslu RI, kalau ada timsel dari daerah maka itu keputusan Bawaslu pusat,” ucapnya.

“Untuk Bawaslu Kaltara itu 2 orang akibat penambahan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017,” ujar Suryani menambahkan.

Terkait pengaruh adanya seleksi ini, dia menyebutkan seleksi ini tidak akan mempengaruhi proses pengawasan dalam tahapan yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU), pasalnya waktu tahapan sendiri masih panjang.

Baca Juga :  Final, Airlangga Hartarto Serahkan SK Partai Golkar ke Zainal-Ingkong

“Kita berharap peserta yang akan maju ikut seleksi betul-betul peserta yang sudah mengikuti proses perkembangan tahapan, sehingga tidak sulit menyesuaikan diri,” paparnya.

Ketika orang baru yang mendaftar, dia menjelaskan akan kesulitan nantinya ketika proses tahapan berjalan, sementara yang bersangkutan belum siap. Dirinya menginginkan sumber daya manusia (SDM) yang siap running atau melanjutkan.

Baca Juga :  30 Caleg Terpilih di Nunukan Telah Serahkan LHKPN ke KPU 

“Bukan SDM yang baru belajar, tapi yang sudah siap. Kami mengundang seluruh lapisan masyarakat Kaltara mengambil kesempatan ini,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2655 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *