Kunjungan ke WBP Lapas Nunukan Kini Gunakan Wartelsuspas

benuanta.co.id, NUNUKAN – Lapas Kelas IIB Nunukan kini punya cara baru dalam melakukan kunjungan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Memanfaatkan perkembangan teknologi, kunjungan kepada WBP kini menggunakan wartelsuspas.

Kepala Lapas Nunukan, I Wayan Nurasta Wibawa mengatakan sesuai dengan keputusan dirjen perihal kunjungan keluarga kepada WBP harus dilakukan secara online, oleh karenanya pihak Lapas Nunukan menyiapkan beberapa fasilitas yang awalnya masih terbatas.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2018 votes

“Awalnya hanya ada 3 fasilitas yang diperuntukkan kepada WBP yaitu laptop/pc yang ada di ruang pelayanan registrasi. Namun, fasilitas wartelsuspas kepada WBP diantaranya ada penambahan sebanyak 8 buah unit tap dengan tujuan agar WBP bisa memanfaatkan wartelsuspas dengan daring atau vidiocall dengan keluarganya,” kata Wayan, Rabu 25 Mei 2022.

Baca Juga :  121 CJH Nunukan Disuntik Vaksin Meningitis

Tidak hanya itu, kata Wayan dalam teknik dan mekanisme pemanfaatan fasilitas wartelsuspas tersebut harus berurutan. Artinya, bagi WBP yang hendak komunikasi secara daring dengan keluarga, kerabat bahkan istri diwajibkan menggunakan fasilitas yang sudah disediakan oleh petugas Lapas Kelas IIB Nunukan.

“Untuk jadwal layanan hari Senin-Kamis dari pagi jam 08:00-11:30 dan siang jam 13:00-14:00 Wita. Uniknya lagi layanan wartelsuspas tersebut selain hari aktif, di hari libur pun masih melayani. Yaitu, hari Jum’at-Minggu dari jam 08:00-11:00 Wita,” jelasnya.

Baca Juga :  Arus Balik di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan Meningkat

Jadi dalam pelaksanaannya tetap dalam pengawasan untuk menghindari gangguan keamanan dan ketertiban serta peredaran jaringan penggelapan narkoba.

Bukan itu saja, pihaknya juga mengoptimalisasi menjalankan fungsi pelayanan komonikasi sekaligus terus melakukan pembenahan menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dengan dasar 3 kunci pemasyarakatan maju yang ditekankan oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan.

Program Wartelsuspas ini merupakan upaya mensukseskan program Zero Halinar di Lapas Nunukan, “Ini semua kita lakukan untuk keamanan dan memberikan pelayanan kepada warga binaan,” tutur Wayan.

Baca Juga :  Tabrakan di Perairan Sebatik, Tim Gabungan Masih Lakukan Evakuasi Perahu 

Ia berharap, layanan Wartelsuspas ini dapat berjalan dengan baik dan digunakan sebagaimana mestinya guna mengurangi peredaran Handphone tentunya. “Mudah-mudahan ini bisa menjadi program yang positif bagi warga binaan, dan sekaligus memberikan pelayanan terbaik dari Lapas,” tandasnya. (*)

Reporter: Darmawan

Editor : Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *