Putin Nyatakan Siap Cari Solusi Untuk Konflik Rusia-Ukraina

Moskow/Berlin  – Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan Moskow siap mencari solusi bagi konflik Rusia-Ukraina dalam perundingan dengan pihak Ukraina.

Sikap itu ia sampaikan saat berbicara via telepon dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz, Jumat (18/3).

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1942 votes

Putin mengatakan solusi yang dicari pihak Rusia harus sejalan dengan “pendekatan berprinsip” negaranya.

Baca Juga :  Israel Sebut Iran Luncurkan Puluhan Drone ke Wilayahnya

Kantor presiden Rusia, Kremlin, menyebutkan bahwa Putin mengkritik Kiev karena “mencoba menunda proses negosiasi dengan segala cara, mengajukan proposal yang semakin tidak realistis.”

Putin juga menyebut soal proyek kemanusiaan Rusia di Mariupol, serta berbagai upaya yang dilakukan angkatan bersenjata Rusia untuk menyelamatkan nyawa warga sipil dengan membuka koridor kemanusiaan dan mengevakuasi warga.

Baca Juga :  Biden Peringatkan Netanyahu 'Berpikir Hati-hati' Sebelum Tanggapi Iran

Dalam pembicaraan dengan Putin, Scholz menyerukan pemberlakuan gencatan senjata, pemulihan situasi kemanusiaan, dan solusi diplomatik bagi konflik itu sesegera mungkin, menurut pernyataan yang dirilis oleh pemerintah Jerman.

Penasihat Kepresidenan Ukraina Mykhailo Podolyak pada Kamis (17/3) mengatakan mungkin butuh antara beberapa hari hingga satu setengah pekan bagi Ukraina dan Rusia untuk mencapai kesepakatan damai.

Baca Juga :  Biden Peringatkan Netanyahu 'Berpikir Hati-hati' Sebelum Tanggapi Iran

Delegasi Ukraina dan Rusia telah menggelar beberapa putaran negosiasi dalam upaya menemukan solusi bagi konflik di antara kedua negara. (*)

Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *