Capirossi Kagumi Sirkuit Mandalika: Kami Senang Kembali ke Indonesia

Jakarta  – Loris Capirossi, yang saat ini menjabat sebagai Race Direction Representative dari Dorna Sports, mengaku terkesan dengan Sirkuit Pertamina Mandalika saat trek kebanggaan Indonesia itu menggelar hari pertama tes ofisial MotoGP pada Jumat.

Capirossi menjadi salah satu perwakilan dari Dorna Sports, selaku pemegang hak komersial MotoGP, yang ikut mengawasi dan terlibat dalam pembangunan Sirkuit Mandalika.

Bersama Franco Uncini selaku Grand Prix Safety Officer FIM, Capirossi sempat meninjau pembangunan trek di Lombok itu pada April tahun lalu saat aspal lintasan bahkan belum rampung.

Kini, mantan pebalap MotoGP yang juga juara dunia kelas 125cc dan 250cc tersebut, menyaksikan bagaimana wujud jadi lintasan Mandalika dalam kunjungan keduanya ke trek tersebut.

“Saya sangat terkesan dengan pekerjaan yang telah diselesaikan, layout treknya semua orang suka, para pebalap menikmatinya,” kata Capirossi ketika ditemui Antara di Mandalika, Jumat.

“Semua pekerjaan yang dilakukan sepanjang tahun sangat baik, kami sangat senang kembali ke Indonesia.

“Ini sangat penting bagi kami, bagi market, dan kami tahu Indonesia memiliki banyak fan, dan senang rasanya bisa ke sini lagi.”

MotoGP kembali ke Indonesia setelah 25 tahun absen, dan kali ini Sirkuit Mandalika menjadi venue baru yang bakal menggelar balapan kedua di kalender pada 20 Maret nanti.

Sirkuit sepanjang 4,3km itu itu juga mendapat kehormatan sebagai arena tes pramusim pada 11-13 Februari yang akan menjadi momen krusial bagi tim dan pebalap dalam pengembangan motor baru mereka serta menentukan arah di awal musim.

Sebagai sirkuit baru, Capirossi memaklumi apabila terdapat sejumlah kendala, seperti ketika kondisi lintasan yang kotor yang mengganggu jalannya hari pertama tes.

Sesi tes sempat dihentikan sementara untuk memberikan kesempatan penyelenggara membersihkan trek sebelum membuka kembali lintasan pada pukul 12:00 WITA.

“Soal treknya, normal pertama kalinya sedikit kotor karena tidak ada yang membalap sebelum kami” kata Capirossi, yang pernah membalap untuk Honda, Yamaha, Ducati dan Suzuki di MotoGP tersebut.

“Saat ini tidak terlalu masalah karena ini baru tes, kami punya waktu untuk membersihkannya dan mengatur segalanya. Tapi kami harap mulai besok dan Minggu, kondisi treknya bagus untuk pengujian dan semuanya.

“Tapi bagaimanapun juga untuk trek baru, hal seperti itu normal.”

Terkait dengan homologasi trek, Capirossi mengungkapkan trek Sirkuit Mandalika telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh FIM.

“Treknya sudah dihomologasi, tidak masalah lagi karena semua tingkat keamanan sangat tinggi, sangat bagus, kami sangat senang dengan konstruksinya, tentang keamanan, tentang semuanya. Untuk homologasi tidak ada masalah,” kata dia.(*)

Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *