Pencegahan Dini, Satgas Covid-19 Kembali Rutin Semprot Disinfektan di Kantor Pemerintahan dan Fasilitas Umum

TANJUNG SELOR – Sesuai instruksi Gubernur Kaltara, Drs. H. Zainal Arifin Paliwang SH M.Hum dan Wakil Gubernur Kaltara Dr. Yansen TP M.Si, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltara diminta untuk meningkatkan pemantauan dan pengawasan terhadap pencegahan Covid-19 di Kaltara.

“Maka dimulai hari ini bergerak lagi melakukan disinfeksi, yang dikoordinir oleh BPBD, TNI Polri dan Satpol PP untuk melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum,” ucap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kaltara, Agust Suwandy kepada benuanta.co.id, Sabtu 3 Juli 2021.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1996 votes

Kata dia, ada pembagian tugas jika BPBD dan instansi terkait melakukan disinfeksi, maka pihaknya dari Dinas Kesehatan melakukan penyediaan logistik obat-obatan ditingkatkan. Selain itu pihaknya diminta untuk meningkatkan sosialisasi dan publikasi pencegahan Covid-19 pada aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat secara luas.

Baca Juga :  Usulan CASN Pemprov Kaltara Disetujui 

“Jadi pengawasan ini memang yang 3 T dan 5 M ditingkatkan. Kalau PPKM Mikro Darurat seperti Jawa Bali kita memang belum terapkan, tapi penegakannya lebih diperketat,” ujarnya.

Dalam pantauannya, sepekan ini peningkatan kasus Covid-19 bertambah besar dikarenakan dari klaster keluarga. Sehingga ini menjadi perhatian terbesar dari Satgas Penanganan Covid-19 Kaltara untuk ditekan turun, di mana isolasi mandiri harus lebih ditingkatkan lagi.

Baca Juga :  Persetujuan Pembentukan Pengadilan PHI dan Tipikor Kaltara Agustus Ini?

“Kalau dari kasus perjalanan dari luar memang tidak terlalu banyak, apalagi dengan PPKM Mikro Darurat ini sangat banyak persyaratannya saat akan berangkat, sehingga lebih kecil dari klaster keluarga,” bebernya.

“Jika melihat kasus kemarin sepekan bisa tembus 500 kasus memang dari transmisi lokal. Bisa terjadi pada kegiatan kemasyarakatan seperti acara syukuran, acara kawinan dan lainnya, serta acara pemerintahan harus di waspadai,” tambahnya.

Sementara itu BPBD Kaltara yang masuk dalam tim Satgas Penanganan Covid-19 Kaltara pada hari ini fokus melakukan penyemprotan disinfektan di kantor-kantor pemerintahan. Di mana sudah diagendakan secara rutin untuk melakukan disinfeksi agar virus corona tidak bertahan lama dalam satu wadah.

Baca Juga :  Alat Tangkap Mini Trawl, DKP Kaltara: Sesuaikan Zona Penangkapan

“Pertama tadi kita star di Kantor Gubernur, Kantor Gadis, Kantor PU dan kantor-kantor lainnya, ini dilakukan untuk pencegahan sedini mungkin,” ungkap Koordinator Lapangan Satgas Penanggulangan Bencana BPBD Kaltara, Asnawi.

Dia mengatakan, disinfeksi ini akan dilakukan secara berkala, setiap minggu akan melakukan penyemprotan disinfektan secara bergilir di kantor-kantor pemerintahan. Tak hanya itu, pihaknya juga akan rutin turun menyemprot di tempat fasilitas umum.

“Jadi domain kita juga rutin di tempat keramaian, pelabuhan, pasar, rumah ibadah. Kita masih menyusun jadwal untuk melakukan penyemprotan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi
Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *