Disdik Tarakan Minta Sekolah Tak Jual Seragam Siswa Terlalu Mahal

benuanta.co.id, TARAKAN – Sebuah video viral di media sosial X menyoroti protes seorang warga mengenai mahalnya harga seragam sekolah. Meski video tersebut diduga berasal dari Jawa Barat, Dinas Pendidikan Tarakan memastikan hingga saat ini belum ada keluhan serupa di Kota Tarakan.

Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Tarakan, Muhmmad Tahir menyatakan tidak ada laporan terkait mahalnya harga seragam sekolah negeri. Baik di tingkat SD maupun SMP di Tarakan.

“Untuk seragam, kebijakan ini kembali ke masing-masing sekolah, umumnya baju batik dan olahraga yang menjadi ciri khas sekolah,” jelas Tahir pada Rabu (21/08/2024).

Baca Juga :  Maraknya Peretasan WhatsApp, Ahli IT STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati Buka Suara

Tahir juga menjelaskan, harga seragam sekolah juga akan menyesuaikan kondisi ekonomi keluarga para siswa.

“Bagi yang mampu, mungkin harga seragam terasa wajar. Namun, bagi yang kurang mampu, pasti terasa berat. Oleh karena itu, Dinas Pendidikan telah mengadakan program bantuan biaya pendidikan bagi siswa yang kurang mampu,” tambahnya.

Saat ini, proses seleksi penerima bantuan sedang berlangsung untuk memastikan bantuan tersebut tepat sasaran. Selain itu, Tahir mengimbau agar sekolah-sekolah yang menjual seragam tidak menetapkan harga yang terlalu mahal. Ia berharap kebijakan ini dapat membantu meringankan beban orang tua dalam menyediakan seragam sekolah.

Baca Juga :  Tim Rege Bagi Satu Ton Tomat Gratis ke UMKM dan Warga Tarakan

Terpisah, Murni seorang guru di SDN 016 Tarakan, menegaskan seragam yang dijual di sekolahnya hanya berupa baju batik dan olahraga. Sedangkan seragam lainnya dapat dibeli di luar sekolah.

“Tidak ada paksaan dari sekolah. Jika siswa sudah memiliki seragam, seperti seragam bekas kakaknya, itu juga boleh digunakan,” ujar Murni.

Dengan kebijakan ini, diharapkan orang tua siswa di Tarakan tidak merasa terbebani oleh biaya seragam sekolah,  serta dapat lebih fokus pada pendidikan anak-anak mereka. (*)

Baca Juga :  Polres Tarakan Amankan 6 Orang Diduga Geng Longker

Reporter: Maqbul

Editor: Yogi Wibawa

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *