Prancis ke 16 Besar Meski Bermain Imbang 1-1 Lawan Polandia

Jakarta – Prancis dipastikan melangkah ke babak 16 besar Piala Eropa (Euro) 2024 meski bermain imbang 1-1 melawan Polandia dalam laga pamungkas Grup D di Signal-Iduna Park pada Selasa (25/6) malam WIB.

Masing-masing gol dari kedua tim dicetak melalui tendangan penalti. Kylian Mbappe membuka keunggulan untuk Prancis sebelum Polandia menyamakan kedudukan berkat Robert Lewandowski.

Hasil ini membuat Prancis turun ke posisi dua Grup D dengan lima poin, disalip Austria yang menempati  posisi juara grup usai mengalahkan Belanda 3-2.

Austria dan Prancis lolos ke 16 besar, sementara Belanda masih punya kesempatan lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Sedangkan Polandia sudah dipastikan gagal lolos di pertandingan sebelumnya. Mereka hanya meraih satu poin dari tiga pertandingan.

Baca Juga :  Timnas Indonesia tergabung di Pot 6 untuk undian putaran ketiga

Jalannya pertandingan

Kedua tim bermain menyerang sejak pertandingan dimulai. Polandia, yang sudah dipastikan tersingkir dari Euro 2024, bermain lepas sehingga mampu merepotkan Prancis sejak awal.

Polandia menciptakan peluang pertama pada menit ke-6 melalui tendangan Piotr Zielinski, tetapi bola masih bisa diredam Mike Maignan.

Prancis membalas lima menit berselang. Berawal dari umpan tarik Dembele, Theo Hernandez punya kans mencetak gol melalui sepakannya dari sudut sempit. Namun, kiper Polandia Lukasz Skorupski masih bisa menghentikannya dengan kaki.

Prancis pelan-pelan mulai mengambil alih permainan dan mengurung Polandia.

Mbappe mempunyai peluang jelang akhir babak pertama, namun tendangannya di kotak penalti setelah bermain satu dua dengan Bradley Barcola masih bisa diantisipasi kiper.

Baca Juga :  Ajang Uji Coba PON, Kaltara jadi Tuan Rumah Kejurnas Region Kalimantan Putaran 2

Babak pertama berakhir tanpa gol.

Di babak kedua, Prancis masih mendominasi permainan dengan sejumlah peluang diciptakan melalui Mbappe dan Ousmane Dembele.

Prancis akhirnya berhasil memecahkan kebuntuan pada menit ke-56 melalui tendangan penalti.

Penalti diberikan wasit setelah Jakub Kiwior melanggar Ousmane Dembele di kotak penalti. Mbappe maju menjadi eksekutor dan dengan mudah memasukan bola ke gawang. Skor 1-0 untuk Prancis.

Gol ini sekaligus menjadi gol pertama Mbappe di ajang Piala Eropa.

Usai gol, Prancis mengganti banyak pemainnya, sementara Polandia juga memasukkan dua pemain baru, salah satunya Karol Swiderski.

Kali ini giliran Polandia yang mendapatkan penalti setelah Swiderski membuat Dayot Upamecano membuat kesalahan dengan melanggarnya di kotak penalti.

Baca Juga :  Atlet Menembak Kaltara akan Tes Kemampuan di Thailand

Awalnya, wasit tidak menganggapnya pelanggaran. Namun, Upamecano terbukti melakukan pelanggaran setelah wasit Marco Guida asal Italia meninjau tayangan ulang VAR.

Robert Lewandowski menjadi eksekutor, dan sempat gagal mengecoh Maignan. Sepakannya ditepis, tetapi penalti harus diulang karena kaki Maignan lebih dulu maju.

Lewandowski kali ini tidak membuang kesempatan keduanya dan sukses menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit ke-79. Di sisa waktu, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-1 bertahan hingga laga bubar.

 

Sumber : Antara

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2118 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *