Aktivitas Tambang Ilegal di Area Gunung Tabur Berau Ditindak Aparat 

benuanta.co.id, BERAU – Tim pengamanan PT Berau Coal dan Polres Berau berhasil melakukan penindakan atas aktivitas tambang batu bara ilegal yang berada di kecamatan Gunung Tabur.

Terungkapnya aktivitas tambang batu bara ilegal berada di area konsesi PT Berau Coal, tepat berada pada pinggir jalan utama H.A.R.M Ayoeb Gunung Tabur, depan lapangan sepakbola.

Security Manager PT Berau Coal, I. Punto mengatakan bahwa penindakan aktivitas tambang ilegal dilakukan berada dalam izin konsesi PT Berau Coal.

“Kegiatan hari ini, kami tim pengamanan PT Berau Coal bersama dengan aparat penegak hukum dari Polres Berau melakukan penindakan terhadap kegiatan tambang ilegal yang terjadi di wilayah konsesi PT Berau Coal di area Gunung Tabur,” ucapnya, Sabtu (18/5/2024).

Baca Juga :  Dua Bapaslon Pilbup Berau Lolos Tes Kesehatan

Punto menjelaskan terdapat bekas kerukan batu-bara dari tambang ilegal tersebut dan diamankan 3 unit alat berat berupa excavator sebagai barang bukti untuk penyelidikan lebih lanjut.

“Kami mengamankan 3 unit alat berat yang ada di lokasi dan saat kami datang ke lokasi operator dan orang-orang yang mendukung kegiatan ini itu sudah tidak ada lagi di lokasi,” ungkapnya.

Punto menyampaikan di area Gunung Tabur saat ini ada 3 lokasi yang diduga melakukan aktivitas tambang batu bara ilegal.

“Lokasi yang mereka tindak ini adalah lokasi ketiga, sedangkan lokasi kedua dan pertama, saat ini tidak ada kegiatan,” ujarnya.

Baca Juga :  Illegal Trading Ballpress dan TPPU Hasbudi Masih Bergulir di Polda Kaltara

Pihaknya selaku tenaga kerja PT Berau Coal pun akan melaporkan kejadian tambang batu bara ilegal ke pihak penegak hukum untuk proses lebih lanjut.

“Selanjutnya, kami akan melakukan laporan polisi agar diproses secara hukum,” bebernya.

Senada, Kanit Tipidum Polres Berau, Ipda Yoga Fattur Rahman menambahkan bahwa yang turut melakukan penindakan aktivitas tambang ilegal tersebut atas laporan dari pemilik izin konsesi tambang juga menyampaikan proses penindakan yang dilakukan.

“Langkah ini dilakukan oleh kami pihak kepolisian atas laporan yang diterima dari pihak Berau Coal, yang melaporkan bahwa adanya indikasi penambangan ilegal,” tuturnya.

Baca Juga :  Kejari Tarakan Dalami Dugaan Pungli di Tempat Fitnes

“Untuk itu kami langsung melaksanakan tindakan bersama dengan Berau Coal untuk mendatangi lokasi tersebut, dan sama-sama kita lihat memang adanya bekas dari indikasi pertambangan ilegal, cuman kalau untuk pelaksanaannya kebetulan orangnya sudah tidak ada lagi,” tambahnya.

Polres Berau akan menindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan dan pengembangan tentang keberadaan tambang ilegal ini.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli 

Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
790 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *