Uzbekistan Melaju ke Perempat Final Setelah Tundukkan Thailand 2-1

Jakarta – Uzbekistan melaju ke perempat final Piala Asia 2023 setelah menundukkan Thailand 2-1, pada pertandingan 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Selasa.

Negara Asia Tengah itu selanjutnya akan berhadapan tuan rumah sekaligus juara bertahan, Qatar, demikian dikutip dari laman resmi AFC.

Uzbekistan digadang-gadang menjadi kuda hitam untuk merebut gelar, dan mereka membuka keunggulan melalui gol Azizbeek Turgunboev. Thailand sempat menyamakan kedudukan melalui gol pemain pengganti Supachok Sarachat pada awal babak kedua, sebelum Uzbekistan memastikan tiket perempat final melalui gol Abbosbek Fazzluyaez pada fase akhir laga.

Baca Juga :  Trigol Dybala Menangkan AS Roma, Fiorentina Tekuk Lazio

Thailand merupakan tim yang tidak diunggulkan, namun tidak kemasukan gol sama sekali saat memainkan tiga pertandingan di fase grup dan mereka finis di posisi kedua di grupnya.

Oston Urunov memiliki tiga peluang untuk mendobrak pertahanan Thailand pada 25 menit pertama, dan kemudian kiper Thailand Patiwat Khammai dapat menggagalkan upaya Jaloliddin Masharipov.

Perlahan-lahan Uzbekistan mampu mengendalikan permainan, dan mereka lantas membuka keunggulan pada menit ke-37. Turgunboev menguasai bola dengan dadanya di dalam kotak penalti dan melepaskan sepakan melewati sela-sela kaki kiper Patiwat.

Baca Juga :  Inter Milan Gunduli Atalanta 4-0

Itu merupakan gol kedua Turguboev pada Piala Asia tahun ini.

Pelatih Thailand Ishii Masatada melakukan dua pergantian pemain saat turun minum, dengan memasukkan Suphanat Muenta dan Supachok. Keputusan tersebut berbuah manis pada menit ke-58.

Supachok bertukar operan dengan Supachai Chaided, sebelum melesakkan bola ke sudut bawah gawang dari luar kotak penalti.

Baca Juga :  Gol Larut Casemiro Pastikan Kemenangan Tipis United atas Forest

Kedudukan imbang tidak bertahan lama, sebab pada menit ke-65, Uzbekistan merestorasi keunggulan mereka. Fayzullaev masuk ke dalam kotak penalti dan melepaskan sepakan melalui sela-sela kaki pemain bertahan Thailand dan menuju sudut bawah gawang.

Bek tengah Elias Dolah memiliki peluang terbaik Thailand untuk menyamakan kedudukan kedua kalinya, namun tandukan pemain Bali United itu melambung di atas mistar gawang Uzbekistan.

Sumber : Antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *