Flu Mirip Covid-19 Tidak Terpantau, Dinkes Kaltara Minta Masyarakat Tetap Jaga Kesehatan

benuanta.co.id, Bulungan – Setelah virus Covid-19 melanda Indonesia selama hampir 3 tahun lamanya. Kini di tahun 2023 virus tersebut dinyatakan telah reda penyebarannya. Namun begitu, masyarakat diminta tetap harus menjalankan protokol kesehatan.

Terbaru, kabar terkait peningkatan gejala flu di Singapura yang menyerupai Covid-19. Di mana peningkatan kasus ini cukup signifikan, dengan tingkat penyebaran yang luas. Terkait hal ini, untuk di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sendiri belum ada laporan terkait flu tersebut, hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kaltara, Usman SKM, M.Kes jika fasilitas kesehatan di Kaltara belum ada laporan.

Baca Juga :  Dokter Urologi : Kenali Gejala Kanker Prostat Sedini Mungkin

“Kita harus memastikan dan belum ada laporan terkait itu. Nanti kami tanyakan ke fasilitas kesehatan seperti rumah sakit atau puskesmas apakah ada kasus Covid-19 atau yang menyerupai Covid-19,” ucap Usman kepada benuanta.co.id, Rabu 6 Desember 2023.

Terkait gejala flu yang menyebar di Singapura tersebut, hingga kini pihaknya belum dapat memastikan dikarenakan yang bergejala flu dan sebagainya tidak melakukan pemeriksaan seperti dulu di laboratorium saat Covid-19 meningkat di tahun 2020 hingga 2022 lalu.

Baca Juga :  Penggunaan Obat Kumur bisa Tingkatkan Kadar Gula Darah Pasien Diabetes

“Dari Kementerian Kesehatan pun kami belum mendapatkan surat edaran, kalaupun ada maka kami tetap mengimbau kepada masyarakat terkait kondisi sekarang,” jelasnya.

Apalagi, kata Usman, di beberapa negara ada gejala seperti Covid-19. Untuk itu pihaknya meminta masyarakat Kaltara agar melindungi diri dan menjaga kesehatan.

“Saya minta untuk menjaga kesehatan, walaupun tidak seketat dulu untuk protokol kesehatannya. Tapi saat bepergian tetap menerapkan prokes seperti masker,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Penggunaan Obat Kumur bisa Tingkatkan Kadar Gula Darah Pasien Diabetes

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Nicky Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *