Pemprov Siapkan 5 Hektare untuk Pembangunan BLK

benuanta.co.id, Bulungan – Guna mendukung terpenuhinya tenaga terampil di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), dalam waktu dekat akan dibangun sebuah balai latihan kerja (BLK). Terlebih di Provinsi Kaltara tengah dibangun proyek strategis nasional (PSN) yang butuh banyak tenaga ahli.

Bangunan BLK ini nantinya berpusat di Kabupaten Bulungan, yang keberadaannya atas inisiasi dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) Republik Indonesia. Sedangkan lokasi dan lahannya disiapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara.

Baca Juga :  Bantuan PKH Beri Dampak Positif

“Pembangunannya bukan dari Pemprov tapi Kemnaker. Kita sudah siapkan lahannya, mudah-mudahan tahun ini atau tahun depan paling lambat sudah berdiri,” ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Kaltara, Suriansyah kepada benuanta.co.id, Kamis 7 September 2023.

BLK ini sendiri penting keberadaannya, terlebih saat ini Pemprov Kaltara belum memiliki BLK. Untuk diketahui, pembangunan BLK pun telah masuk dalam 22 program prioritas Pemprov Kaltara pada tahun 2024.

“Dengan hadirnya BLK ini menjadi kesempatan bagi anak-anak kita untuk ikut latihan kerja disana. Kita berharap jurusan atau pendidikan yang dilaksanakan itu sesuai dengan kebutuhan yang ada di Kaltara,”

Baca Juga :  Pemprov Kaltara dan Bank Indonesia Gelar High Level Meeting TP2DD Wilayah Kalimantan Utara

Suriansyah menyebutkan lahan pembangunan BLK yang disiapkan ini mencapai 5 hektare yang berlokasi di kawasan Kota Baru Mandiri (KBM). Dimana di KBM saat ini telah ada pembangunan gedung DPRD Kaltara dan kantor lainnya.

“Tidak salah ada 4 sampai 5 hektare yang kita siapkan di kota baru mandiri. Kalau dokumen berupa surat lahan sudah kita berikan,”

Baca Juga :  Terumbu Karang di Kaltara Dinilai Potensial

Bahkan kata dia, dari Kemnaker telah beberapa kali melakukan pengecekan lahan pembangunan BLK di Tanjung Selor.(*)

Reporter: Heri Muliadi
Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2651 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *