DPW PKS Kaltara Target Kursi Pimpinan DPRD

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi partai politik pertama di hari kedelapan pengajuan bakal calon (Balon) anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltara. Sejak hari pertama dibuka pendaftaran 1 Mei, PKS menjadi parpol pertama mendaftar.

Ketua KPU Provinsi Kaltara Suryanata Al-Islami menuturkan, selain menerima balon anggota DPD RI, pada hari ini telah menerima pengajuan balon anggota DPRD Kaltara untuk ikut sebagai peserta pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024.

“Pada hari ke-8 ini menjadi hari pertama kita menerima salah satu parpol peserta pemilu, kita sudah memprosesnya,” ucapnya kepada benuanta.co.id, Senin, 8 Mei 2023.

Lanjutnya, karena baru pertama kali menerima balon dari parpol, secara perhitungan akan memakan waktu sekitar 2 jam. Namun ternyata dari proses datang, masuk penyerahan dokumen hingga memberikan tanda terima berita acara hanya sejam lebih saja.

“Ternyata proses yang berjalan hanya 70 menit. Kita berharap untuk parpol lain bisa seperti yang tadi, kenapa? Karena relatif sebelum datang kesini kami sudah mengimbau dan mereka laksanakan itu. Terlebih LO mereka sudah datang sehari sebelumnya untuk mencocokkan dokumen,” jelasnya.

Suryanata mengatakan berkas yang diserahkan oleh DPW PKS yang jumlahnya 35 orang sudah lengkap, salah satunya dokumen pengajuan dari parpol dan daftar balon anggota DPRD serta dokumen persyaratan administrasi balon anggota DPRD.

“Ada 3 dokumen, untuk dokumen calon masih sebatas kita periksa ada atau tidak ada. Soal keabsahan sendiri belum,” pungkasnya.

Baca Juga :  Bawaslu Berau Antisipasi Kerawanan Pilkada, Ini Masalah yang Diantisipasi

PKS Target Kursi Pimpinan DPRD

Ketua DPW PKS Kaltara, Muhammad Nasir menyebutkan kedatangannya ke KPU Kaltara yang didampingi oleh rombongan menyerahkan berkas dokumen sebanyak 35 orang untuk ikut berkompetisi pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

“Alhamdulillah, secara serentak dari nasional hingga daerah PKS partai pertama yang mendaftarkan Caleg (calon legislatif)-nya di KPU. Artinya PKS ini menjadi role model, apa yang menjadi masalah hari ini akan jadi pelajaran bagi parpol lainnya,” ungkap Nasir.

Dirinya mengklaim jika pendaftaran PKS ditingkat kabupaten kota juga berjalan sukses dan lancar serta semuanya dinyatakan diterima di 5 kabupaten kota.

“Kita PKS termasuk partai yang sangat siap untuk menyambut pesta demokrasi pada tanggal 14 Februari 2024,” bebernya.

Dia menjelaskan bakal caleg yang didaftarkan sebanyak 35 orang, secara kuota telah terpenuhi 100 persen dimana didalamnya keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen.

“Bicara target, di Kaltara PKS menjadi bagian dari pimpinan DPRD, Insya Allah minimal 5 kursi,” sebutnya.

Terkait pemilu proporsional terbuka dan tertutup, pihaknya menilai menjadi satu kegalauan bagi seluruh bakal caleg. Namun kembali lagi kepada parpol masing-masing meyakinkan balon yang mendaftar di partainya.

“Mudah-mudahan yang berlaku sistem pemilu terbuka, kalau tertutup nanti kita bicarakan lagi dengan caleg ini. Sudah kita siap plan A dan plan B, kalau mundur saat tertutup kita punya banyak stok kadernya,” tandasnya.

DPD PKS Nunukan saat melakukan pendaftaran Bacaleg di KPU Nunukan (FOTO: Novita A.K/BENUANTA)

DPD PKS Kabupaten dan Kota Ikut Mendaftar

Baca Juga :  30 Caleg Terpilih di Nunukan Telah Serahkan LHKPN ke KPU 

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Nunukan menjadi Partai Politik (Parpol) pertama yang mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nunukan pada Senin, 8 Mei 2023.

Sekretaris DPD PKS Nunukan, Arpiah mengatakan Pendaftaran pertama tersebut sesuai dengan nomor urut 8 PKS yang telah ditetapkan oleh KPU RI sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

“Kita pilih tanggal 8 sesuai dengan nomor urut kita, pendaftaran ini dilakukan secara serentak oleh PKS di seluruh Indonesia,” kata Arpiah kepada benuanta.co.id, Senin (8/5/2023).

Sementara itu, untuk kader Bacaleg yang diajukan yakni sebanyak 30 Bacaleg sesuai dengan formasi untuk 4 Daerah Pemilihan (Dapil) Nunukan dengan target memenangkan 7 kursi.

Arpiah mengungkapkan, untuk kadernya sendiri terdiri dari internal Parpol PKS dan sebagian eksternal parpol. Ia juga mengaku 30 kader yang diajukan berbagai keterwakilan baik dari kader pemuda, kader wanita, suku dan lain sebagainya.

Terkait kader incumbent atau petahana dari PKS ada 2 kader untuk Dapil 1 Nunukan yang mana saat ini tengah menduduki kursi di DPRD Nunukan.

“Untuk Dapil 1 ada 2 kader yang petahana, sedangkan untuk Dapil 2, 3 dan 4 kadernya baru semua,” ucapnya.

Ia mengaku untuk menargetkan 7 kursi, partainya telah mempersiapkan strategi pemenangan khusus salah satunya dengan memberikan peluang bagi kader kaum muda.

“Alhamdulilah hari ini berkas yang kita ajukan lengkap, sudah ada juga Surat penyerahan dari KPU Nunukan yang menyatakan jika berkas yang kita ajukan sudah lengkap,” jelasnya.

Baca Juga :  DPW PKS Kaltara Beri Dukungan ke Zainal-Ingkong untuk Menangkan Pilgub

Sementara itu, Ketua KPU Nunukan, Rahman menerangkan sejak resmi dibuka pada 1 Mei lalu, PKS merupakan partai pertama yang melakukan pendaftaran Bacaleg.

“Setelah dibuka, di hari kedelapan ini baru ada yang mendaftarkan Bacaleg, tadi prosesnya sempat sedikit lama karena ini yang pertama dan dilakukan juga secara online jadi harus betul-betul teliti, dan 30 kader yang diajukan berkasnya lengkap semua,” ungkap Rahman kepada benuanta.co.id.

Dalam proses pendaftaran Bacaleg, Rahman menerangkan jika Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Nunukan turut hadiri mengawasi jalannya proses pendaftaran Bacaleg.

Ia mengatakan nantinya yakni tanggal 15 Mei 2023, pihaknya akan kembali melakukan verifikasi kepada seluruh Bacaleg yang telah di daftarkan oleh masing-masing Parpol.

“Untuk berkas fisik yang diserahkan ke KPU hanya dua yakni daftar bakal calon dan surat pengajuan parpol, untuk berkas lainnya sudah di lampirkan di sistem informasi pencalonan (Silon),” bebernya.

Ditambahkannya, KPU telah resmi membuka pendaftaran Bacaleg periode 2024-2029 pada tanggal 1 hingga 14 Mei 2023. Penerimaan pengajuan diterima mulai pukul 08.00-16.00 Wita. Sedangkan khusus pada 14 Mei 2023, waktu pengajuan diperpanjang hingga pukul 23.59 waktu setempat.(*)

Reporter: Heri Mulia di/Novita A.K

Editor: Ramli

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2660 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *