Dinas Pangan akan Salurankan Bantuan CPP

benuanta.co.id, BERAU – Dinas Pangan Berau melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) mekanisme penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dalam Rangka pemberian bantuan pangan pemerintah daerah yang akan dilaksanakan pada Selasa (11/4/2023) besok.

Kepala Dinas Pangan Berau, Rakhmadi Pasarakan mengatakan penyaluran CPP bantuan pangan berupa beras, unggas ayam dan telur akan disalurkan kepada 5.916 orang di Kabupaten Berau sesuai dengan data yang diterima dari Kementerian Sosial.

“Pendistribusian akan kita lakukan pada Selasa besok di Kantor Dinas Pangan sekitar pukul 09.00 WITA, sementara nanti yang disalurkan beras dulu,” tuturnya Senin (10/4/2023).

Selain itu, rakor ini dilaksanakan untuk mengantisipasi permasalahan data-data penerima bantuan. Sebab pasti ada dokumen yang berubah.

Baca Juga :  Bupati Pastikan Reservasi Jalan di Kecamatan Segah Rampung Tahun Ini

“Bila hal tersebut terjadi, maka sesuai juknis kami akan langsung melakukan pengupdatean, sebab kuota bantuan tersebut tetap sama walau pun ada pergantian data penerima,” ungkapnya.

Dijelaskannya, penyaluran bantuan beras, unggas ayam dan telur akan disalurkan selama tiga bulan yakni bulan Maret, April dan Mei.

“Sementara untuk empat kecamatan terdekat dulu, lalu target untuk seluruh kampung akan diusahakan selesai sebelum lebaran,” tuturnya.

Kemudian untuk kampung-kampung yang berada jauh dari kabupaten kota, pihaknya akan menyesuaikan dengan kondisi lapangan serta tergantung dari permintaan dari kecamatan masing-masing.

Baca Juga :  Ada Silpa Tahun Anggaran 2023, Bupati Sri Minta OPD Makin Giat Bekerja  

“Artinya kalau di daerah-daerah tertentu yang aksesnya agak sulit mungkin bisa disalurkan sekaligus menjadi tiga bulan,” bebernya.

Dikatanya, untuk penyaluran bantuan bulan Maret sementara dikhususkan pada komoditi beras terlebih dahulu.

“Sebab juknis yang diterima oleh Bulog baru terkait penyaluran beras,” ungkapnya.

Sebab untuk metode pembagian beras gratis ini menggunakan beras kualitas medium yang akan dibagi dalam ukuran beras 10 kg.

“Kami akan membagikan perkecamatan dan perkelurahan berdasarkan data dari Kementerian Sosial. Kita menggunakan beras kualitas medium yang berasal dari Thailand sebab untuk beras lokal kita amankan untuk premium,” ucapnya.

Baca Juga :  Bupati Berau Apresiasi Mubes Ke 5 Dayak Kenyah Lepoq Jalan Kaltim-Kaltara

Dijelaskannya, bantuan pangan ini merupakan anggaran dari APBN yang ditugaskan langsung Badan Pangan Nasional (Bapanas) kepada Perum Bulog.

“Kami hanya memfasilitasi untuk komoditi beras untuk pendistribusian dan untuk unggas ayam dan telur belum ada arahan lebih lanjut dari BUMN. Tapi kami belum tahu nanti bisa saja Bulog lagi yang dapat,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie Silalahi

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2519 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *