oleh

Kelanjutan Kunker Panglima TNI dan Kapolri, Puluhan Ribu Alkes Tiba di Tarakan

benuanta.co.id, TARAKAN – Puluhan ribu alat kesehatan (Alkes) telah tiba di Pangkalan Udara (Lanud) Anang Busra Tarakan pada Senin (9/8/2021). Bantuan Panglima TNI dan Kapolri tersebut akan didistribusikan di Kota Tarakan dan Kabupaten Berau.

Komandan Lanud Anang Busra Tarakan, Kolonel Penerbang (Pnb) Somad mengatakan, kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kunjungan kerja (kunker) Panglima TNI dan Kapolri pada Jumat (6/8/2021) lalu.

“Dalam kunker Panglima TNI dan Kapolri di Lanud Anang Busra kemarin, bantuan yang telah dilaksanakan salah satunya adalah memberikan oksigen konsentrator 90 unit, 40 unit untuk Kota Tarakan dan 50 unit  Kabupaten Berau,” ujar Somad.

Baca Juga :  Lantik 60 Pengurus Karang Taruna KTT, Ibrahim Ali : Samakan Presepsi dan Misi Pemkab

Somad menjelaskan, bantuan alkes hari ini dikirim oleh pesawat Hercules dan tiba di Tarakan sekitar pukul 12.00 WITA, untuk kebutuhan alat kesehatan, yang pertama untuk Kota Tarakan, Kabupaten Berau, dan Kabupaten Nunukan.

Terpisah, Komandan Kodim (Dandim) 0907 Tarakan, Letkol Inf Eko Antoni Chandra Listyanto mengatakan, telah diperintahkan untuk mengkalkulasikan kebutuhan obat-obatan dan alat medis kesehatan yang diperlukan di Kota Tarakan.

“Kita butuh 3000 paket obat isolasi mandiri, yakni 1500 di Kota Tarakan dan 1500 di Kabupaten Berau,” ujar Chandra.

Baca Juga :  Lantik 60 Pengurus Karang Taruna KTT, Ibrahim Ali : Samakan Presepsi dan Misi Pemkab

Dijelaskan Chandra, berhubungan dengan alat medis yang diberikan, alat-alat tersebut akan didistribusikan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tarakan.

Sedangkan yang berkaitan dengan pendistribusian obat, akan dilakukan seperti intruksi presiden, bantuan akan disampaikan ke masyarakat melalui TNI dan Polri.

Dalam hal ini, akan melibatkan Babinsa, Babin Potmar, Babinpotdirga, dan Bhabinkamtibmas yang akan bekerjasama dengan tenaga kesehatan di masing-masing Kelurahan,” tuturnya.

“Bantuan obat-obatan akan dipegang oleh Kodim 0907, dari data yang diminta ada 2500, namun yang dikirim ada 3000, Jadi nanti kami akan bersama-sama untuk mendistribusikan obat tersebut,” tutupnya. (*)

Baca Juga :  Lantik 60 Pengurus Karang Taruna KTT, Ibrahim Ali : Samakan Presepsi dan Misi Pemkab

Alkes yang tiba di Tarakan pada Senin (9/8/2021) meliputi:

– APD Nusantara : 500 pcs
– Medical Hand Gloves : 1000 pcs
– Masker Bedah 400 : pcs
– Masker Medis Eagle : 20 pcs
– Masker Medis Kalmed : 3000 pcs
– Masker KF 94 : 50.000 pcs
– Masker Kain INA : 1000 pcs
– Rapid Test Antigen : 5000 pcs

Reporter : Matthew Gregori Nusa
Editor : Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *