Patroli Perairan di Perbatasan, KUPP Sungai Nyamuk Optimis Wujudkan Perairan yang Tertib dan Patuh Hukum

Sebatik – Bukan hanya pemberian pelayanan prima di terminal penumpang Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Sungai Nyamuk terus aktif melalukan patroli di wilayah perairan Sebatik untuk memastikan semua selalu sesuai prosedur untuk mewujudkan kapal beserta crew yang selalu selamat dan aman dalam melaksanakan pekerjaan.

Kegiatan patroli perairan merupakan salah satu tugas dan fungsi Syahbandar dalam hal ini KUPP Sungai Nyamuk yg merupakan UPT Ditjen Hubla Kemenhub. Selain patroli dalam rangka penegakan hukum KUPP juga akan selalu memberikan edukasi kepada awak kapal agar selalu berhati-hati dalam bekerja guna memastikan kapalnya selalu dalam keadaan laik laut, muatan kapal tidak berlebihan dan yang tak kala pentingnya adalah awak kapal harus memastikan stabilitas kapalnya sebelum berlayar agar selama dalam pelayaran kapal selalu stabil.

“Kegiatan patroli perairan akan selalu rutin kami lakukan guna memastikan semua kapal-kapal dalam keadaan aman dan selamat,” ungkap Syaharuddin selalu Kepala KUPP Sungai Nyamuk melalui siaran persnya, Selasa (15/10).

Baca Juga :  Alat Kelengkapan Dewan Nunukan Ditetapkan, Setiap Komisi Diminta Buat Program Kerja

Kepada para awak kapal diminta tidak memaksakan untuk berlayar apabila kondisi cuaca kurang baik demi keselamatan jiwa manusia dan harta benda.

“Sanksi tegas juga akan kami berikan bila terbukti melakukan pelanggaran yang baik awak kapal operator maupun owner, yaitu diantaranya membiarkan kapal berlayar tanpa Surat Persetujuan Berlayar, sengaja mematikan AIS selama dalam pelayaran atau selama berada di pelabuhan dan melakukan kegiatan, sebagaimana Surat Edaran Dirjen Hubla No SE DJPL 18 Tahun 2024 tentang kewajiban mengaktifkan sistem Identifikasi otomatis kapal atau AIS dan Aktivitas lainnya,” terangnya.

Baca Juga :  Perjuangkan Infrastruktur untuk Wilayah Emapt

Syaharuddin menjelaskan sebagai representasi Ditjen Hubla di perbatasan KUPP Sungai Nyamuk punya peran yang sangat besar selain memastikan kegiatan ekonomi di pelabuhan berjalan lancar, perairan juga tidak luput menjadi prioritas untuk selalu diawasi, dan memastikan semua kapal tertib dalam melakukan kegiatan di pelabuhan baik itu keselamatan bekerja dan administrasi atau sudah mengantongi persetujuan yang di terbitkan oleh Syahbandar dalam hal ini KUPP Sungai Nyamuk sebelum melakukan kegiatan atau berlayar.

“Kami juga selalu optimis untuk membenahi segala kekurangan dengan melakukan bimbingan kepada masyarakat atau pengusaha yang bergerak disektor laut untuk melengkapi dan mengurus semua izin yang harus dimiliki agar nantinya semua sesuai prosedur dan tidak bertentangan dengan hukum,” ujarnya.

Baca Juga :  Polres Nunukan Fokus ke Titik Rawan Kecelakaan dan Pelanggaran

“Kami juga berterima kasih kepada masyarakat serta para pelaut yang mendukung kegiatan ini untuk selalu dapat tertib guna mewujudkan transportasi maju dan selamat untuk Indonesia yang lebih baik,” tuturnya. (*)

Editor: Ramli

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *