Event Caexpo, Disperindagkop Kaltara Buka Peluang Persaingan Produk Lokal di Pasar Global

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Perluas akses global pasar produk khas Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop) Kaltara memamerkan sejumlah produk khas Kaltara untuk berpartisipasi dalam dalam China-Asean Expo (CAEXPO) 2024 di Nanning, Guangxi, Republik Rakyat Tiongkok.

Caexpo ini sendiri merupakan event pameran hasil kesepakatan KTT China-Asean ke-7 yang diikuti oleh 10 Negara Asean beserta Negara mitra. Bahkan Caexpo inji disebut-sebut sebagai salah satu event pameran terbesar yang diadakan di Tiongkok, dengan menghadirkan lebih dari 300 ribu pengunjung dan USD566 MILIAR transaksi pada tahun 2023.

“Tentu Caexpo ini merupakan salah satu kesempatan kita dalam memperkenalkan produk lokal terbaik kita, dan kita juga memiliki kesempatan untuk bersaing di Pasar Tiongkok,” kata Kepala Disperindagkop Kaltara, Hasriyani pada Kamis, 3 Oktober 2024.

Baca Juga :  Tahun Depan, Disperingdakop Kaltara Fungsikan Rumah Garam Krayan

Caexpo ini merupakan expo terbesar dan berstandar internasional, Disperindagkop Kaltara pun tidak asal memilih produk yang dipamerkan dalam Caexpo ini.

Hasriyani menjelaskan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pelaku UKM jika ingin produknya ikut serta dalam Caexpo ini. Seperti memiliki legalitas dan lisensi standar Internasional.

“Salah satu yang kita bawa untuk kita pamerkan di Caexpo ini ialah unggulan dari Kota Tarakan yaitu Marco Handmade dan D’Baloy, serta Perusahaan Rumput Laut PT. Seaweed Jaya Indonesia,” lanjutnya lagi.

Baca Juga :  Upayakan UMKM Lokal Berkolaborasi di Event Perdagangan

“Selain itu kita juga memamerkan produk perikanan kita seperti bandeng presto, cemilan dari olahan perikanan, serta kerajinan dan anyaman khas Kaltara, yang ramai diminati pengunjung Caexpo,” terangnya.

Dengan berpartisipasinya Kaltara pada event CAEXPO 2024, diharapkan dapat menjadi media efektif bagi pemerintah dalam mempromosikan serta mengembangkan potensi komoditi produk-produk unggulan Kaltara ke pasar internasional.

Baca Juga :  Tahun Depan, Disperingdakop Kaltara Fungsikan Rumah Garam Krayan

“Kita berharap agar ke depannya Disperindagkop Kaltara dapat terus berpartisipasi baik melalui CAEXPO atau event serupa karena kita juga dapat memfasilitasi UKM-UKM potensial dan produk-produk unggulan di Kaltara,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *