Puluhan Rumah Kumuh di Nunukan jadi Sasaran Program Bedah Rumah Pemprov Kaltara

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Dalam waktu dekat Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR – Perkim) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) bakal segara melaksanakan program bedah rumah untuk perumahan kumuh.

Program bedah rumah kumuh ini sendiri merupakan salah satu program dari Gubernur Provinsi Kaltara, dalam mengatasi kemiskinan ekstrem masyarakat khususnya masyarakat yang ada di wilayah pelosok atau daerah perbatasan.

Dikatakan oleh Gubernur Provinsi Kaltara, Zainal Arifin Paliwang peningkatan kesejahteraan untuk menghapus kemiskinan ekstrem di Kaltara, memang menjadi salah satu programnya agar terciptanya pemerataan pembangunan ekonomi di Kaltara.

Baca Juga :  Penanganan Tebing dan Pendirian Bangunan Rumjab Wagub Dikerjakan Secara Bersamaan

“Kita selalu mengupayakan hal itu, makanya setiap tahun data masyarakat yang masuk dalam kemiskinan ekstrem ini terus berkurang, karena baik penyambungan listrik dan bedah rumah selalu kita upayakan berjalan setiap tahunnya,” kata Gubernur Provinsi Kaltara, Zainal Arifin Paliwang pada beberapa waktu yang lalu.

Sementara itu, saat diwawancara Kepala Bidang Perumahan, Dinas (PUPR – Perkim) Provinsi Kaltara, Muhammad Arisa, ST menjelaskan, pada tahun 2024 ini akan ada puluhan rumah kumuh yang akan dibenahi oleh Pemprov Kaltara.

“Kalau tidak salah sekitar 50 atau 30-an rumah, karena datanya ini langsung dari SK dari Kementerian untuk Daerah kumuhnya dan kita yang menjalankannya,” kata pria yang akrab disapa Arisa.

Baca Juga :  Proyek DAK Bidang Jalan Sudah Pelaksanaan Fisik

Dalam proses pelaksanaan program bedah rumah ini , nantinya pihak PUPR-Perkim akan menggunakan pihak ketiga mengingat APBD yang digunakan cukup besar.

Dimana untuk proses bedah rumahnya ini sendiri, pihak PUPR-Perkim Kaltara akan menggelontorkan anggaran sekitar Rp 20 hingga 25 juta.

“Untuk rumah yang disasar itu sudah ada dan semuanya berlokasi di Kabupaten Nunukan, karena acuan kita sendiri yaitu tadi, SK dari kementerian,” lanjutnya lagi.

Baca Juga :  Optimis Ada Kenaikan Capaian Kinerja Jalan yang Cukup Baik Tahun 2024

“Nanti kita akan pakai jasa pihak ketiga untuk membedah rumah-rumah warga yang disasar, jadi bukan kita berikan uang tunai atau bahan bangunan. Melainkan kita bersama tim langsung ke Lapangan untuk melakukan pembedahan rumah atau renovasi rumah,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *