Bupati Berau Umumkan Kenaikan Santunan Kematian Menjadi Rp 4 Juta

benuanta.co.id, BERAU – BPJS Ketenagakerjaan memperluas cakupan jaminan sosial untuk masyarakat kurang mampu dalam upaya meningkatkan kesejahteraan pekerja rentan.

Hal itu bakal berlaku selama 12 bulan ke depan dan BPJS Ketenagakerjaan akan menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bagian dari tanggung jawab sosialnya kepada komunitas pekerja.

Bupati Berau Sri Juniarsih Mas pun menegaskan bahwa program jaminan sosial ini bertujuan untuk mencegah pekerja dan keluarga mereka jatuh ke dalam kemiskinan baru atau bahkan kemiskinan ekstrem akibat kecelakaan kerja atau krisis ekonomi.

Baca Juga :  HUT Berau ke-71 dan Tanjung Redeb 214 Tahun

“Nilai manfaat dari program ini sangat krusial dalam melindungi masyarakat pekerja dari dampak guncangan ekonomi,” ujarnya, Kamis (19/9/2024).

Pemerintah pusat dan daerah, kata dia sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 02 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

“Kami bakal terus berupaya memperluas jaminan sosial untuk semua pekerja. Ini termasuk membantu iuran bagi pekerja rentan yang kurang mampu,” tuturnya.

Bahkan pihaknya menegaskan sebagai kepala daerah Pemerintah Kabupaten Berau telah meningkatkan bantuan tunai langsung untuk keluarga penerima manfaat dari Rp500 ribu per bulan menjadi Rp6 juta per tahun.

Baca Juga :  Bupati Beri Jamsostek kepada 20.345 Pekerja Rentan di Berau

“Selain itu, santunan kematian untuk masyarakat kurang mampu juga telah dinaikkan dari Rp2 juta menjadi Rp4 juta,” imbuhnya.

“Ini adalah komitmen kami sejak awal. Kami telah meningkatkan santunan kematian sebagai bentuk perhatian lebih terhadap masyarakat yang kurang mampu,” tambahnya

Sebagai informasi juga sambung dia dalam implementasinya, informasi mengenai penerima manfaat harus disampaikan kepada RT, RW, dan lurah untuk pendataan dan pelaporan kepada dinas terkait.

Baca Juga :  Bupati Minta PLN Carikan Solusi Atasi Persoalan Listrik di Berau

“Langkah ini sejalan dengan strategi pemerintah dalam menghapus kemiskinan ekstrem dan memastikan pekerja miskin ekstrem termasuk dalam kepesertaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *