Sekda Berau Ikuti Prosesi Baturunan Parau di Depan Museum Kesultanan Sambaliung

benuanta.co.id, BERAU – Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau, Muhammad Said, turut hadir mengikuti Baturunan Parau di depan Museum Kesultanan Sambaliung Senin (16/9/2024) pagi.

Adapun prosesi penurunan perahu khas masyarakat adat Banua tersebut merupakan rangkaian HUT Kabupaten Berau ke-71 dan Tanjung Redeb berusia 214 tahun.

“Alhamdulillah kami bersyukur ini adalah tradisi Banua khusus di Kecamatan Gunung Tabur,” ucapnya singkat usai menurunkan Baturunan Parau kepada benuanta.co.id.

Baca Juga :  Irau Manutung Jukut, Pesta Bakar Ikan Sebanyak 14,2 Ton

Lebih lanjut, Said menjelaskan bahwa yakin dan percaya simbol dari tradisi turun temurun Baturunan Parau adalah gotong royong dan silahturahmi.

“Ya modal inilah gotong royong dan silahturahmi sebagai sikap semangat pembangunan kepada masyarakat dan pemerintahan yang kredibel,” bebernya.

Sebab menurutnya jika makna Baturunan Parau tidak dilakukan dalam nuansa kebersamaan maka hal tidak diinginkan bisa terjadi.

Baca Juga :  Komitmen Tingkatkan Hasil Perikanan dan Sejahterakan Nelayan

“Karena kalau tidak ada kebersamaan kita khawatir nanti banyak terjadi perpecahan perselisihan tentu ini tidak memberikan efek positif,” tuturnya.

Sehingga dengan diadakan tradisi turun temurun orang Banua atau asli Kabupaten Berau tiap tahun yakni Baturunan Parau bisa terus lestari.

“Bisa terus dipertahankan warga Banua turun temurun dengan penuh semangat sukacita oleh generasi berikutnya,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Jelang HUT Berau, Bupati Hadir Acara Prosesi Manguati Banua di Sambaliung

Reporter: Georgie

Editor: Ramli 

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *