Dua Program Unggulan Memperkuat Warisan Budaya

benuanta.co.id, BERAU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pelestarian kekayaan budaya dan sejarah lokal. Dalam hal ini Pemkab Berau akan menurunkan dua program unggulan untuk memperkuat warisan budaya daerah.

Bupati Berau, Sri Juniarsih, mengungkapkan dua program unggulan yang bertujuan untuk memperkuat warisan budaya daerah.

“Program pertama adalah pembangunan kawasan terpadu yang meliputi pusat seni, budaya, dan kreativitas berupa taman budaya dan balai adat,” ucapnya Rabu (11/9/2024).

Kata Sri Juniarsih Mas program ini diharapkan dapat menjadi pusat aktivitas budaya serta ruang kreatif bagi masyarakat Berau.

Baca Juga :  HUT Berau ke-71 dan Tanjung Redeb 214 Tahun

“Kemudian program kedua adalah revitalisasi bangunan bersejarah, termasuk keraton, makam, dan situs bersejarah lainnya,” bebernya.

Secara khusus, sambung dia upaya revitalisasi difokuskan pada Gunung Tabur. Di antaranya telah melakukan revutalisasi cagar budaya Keraton Gunung Tabur, penataan kawasan pemakaman Kesultanan Gunung Tabur, serta penataan makam Raja Baddit Dipattung. Menurutnya inisiatif ini bertujuan untuk menjaga dan memelihara potensi Gunung Tabur sebagai salah satu ikon wisata sejarah Kabupaten Berau.

“Berdasarkan penilaian kami, potensi Gunung Tabur sebagai destinasi wisata sejarah sangat luar biasa. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk merawat dan melestarikannya agar tidak punah ditelan oleh waktu,” ungkap Sri Juniarsih.

Baca Juga :  Bupati Beri Jamsostek kepada 20.345 Pekerja Rentan di Berau

Ia juga berharap dukungan dari berbagai pihak, termasuk Dewan Adat Kesultanan Gunung Tabur dan seluruh perangkat terkait.

“Sebab pentingnya peran aktif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, kelompok pengelola pariwisata, pelaku wisata, serta masyarakat dalam upaya merawat kekayaan budaya dan mempromosikan kegiatan-kegiatan kebudayaan di Kabupaten Berau,” tegasnya.

“Kabupaten Berau memiliki potensi besar sebagai mitra Ibukota Nusantara dalam sektor pariwisata dan kebudayaan. Tidak hanya menawarkan wisata alam, tetapi juga wisata sejarah yang memiliki nilai historis tinggi,” tambahnya

Baca Juga :  Jelang HUT Berau, Bupati Hadir Acara Prosesi Manguati Banua di Sambaliung

Dengan langkah-langkah ini, pemerintah berharap dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian budaya dan sejarah.

“Serta mendorong perkembangan sektor pariwisata yang lebih inklusif dan berkelanjutan,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Nicky Saputra

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *