Polisi Rutinkan Patroli Antisipasi Kenakalan Remaja saat Ramadan

benuanta.co.id, TARAKAN – Mengantisipasi gangguan kamtibmas selama Ramadan, Tim Patroli Sat Sabhara Polres Tarakan rutin melakukan patroli. Diketahui, mulai marak kembali aktivitas balapan lari dan motor liar di jalan raya dua hari belakangan ini.

Kapolres Tarakan, AKBP Ronaldo Maradona melalui Kasat Sabhara, IPTU M. Imran Tawainella mengatakan, kenakalan remaja berupa balapan liar kerap terjadi di Jalan Yos Sudarso tepatnya di depan Masjid Al-Maarif setiap usai salat subuh.

“Pokoknya titik kumpulnya di situ, mau balap lari dan sepeda motor yang atraksi itu. Rutenya di depan masjid itu sampai di depan Hotel Tarakan Plaza, berputar kembali ke masjid itu,” katanya saat dikonfirmasi, Rabu (13/3/2024).

Baca Juga :  Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Gunung Amal, Seorang Remaja Putri Meninggal Dunia

Selain di Jalan Yos Sudarso, aktivitas serupa juga terjadi di Jalan Sei Kapuas tepatnya di samping Masjid Islamic Center. Pihaknya selalu menugaskan Babinkamtibmas untuk selalu menginformasikan, sehingga pihaknya langsung menuju ke TKP untuk melakukan pembubaran.

Jalan KH Agus Salim turut dikeluhkan aktivitas serupa. Rerata, remaja yang terlibat berkisar antara usia 15 hingga 16 tahun.

“Jadi anak-anak muda paling banyak itu. Awal Ramadan ini banyak sekali. Kita turunkan Tim Patroli Motor (Patmor) untuk ke TKP,” imbuh Imran.

Baca Juga :  Pengembangan Kasus Narkoba Brigpol Sigit, Polres Tarakan Tetapkan Tersangka Lanjutan

Ia melanjutkan, selama Ramadan, pihaknya melaksanakan patroli sebanyak 3 kali dalam sehari, di antaranya sewaktu menjelang berbuka puasa, saat setelah sholat tarawih dan setelah subuh.

Ditegaskan Imran, pihaknya tetap melakukan patroli secara persuasif meski terdapat pembubaran dari petugas terhadap kumpulan remaja tersebut.

“Sejauh ini belum kita temukan yang melanggar hukum, masih sebatas kumpul-kumpul begitu nanti kalau tidak ada petugas baru balap lari dan balap motor,” lanjutnya.

Perwira balok dua itu mengharapkan peran serta orang tua untuk mengawasi anaknya saat bepergian keluar rumah. Terutama pada waktu usai tarawih dan subuh.

Baca Juga :  Kanwil Kemenkumham Kaltim Sidak Lapas Tarakan, Temukan Barang Elektronik

“Jangan dibiarkan anaknya bawa motor tanpa punya surat yang lengkap. Kita tetap juga sita knalpot brong kalau ada, nanti kita serahkan ke Satlantas untuk penegakan hukumnya,” pungkasnya. (*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2069 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *