Dermaga Teratai akan Diperbaiki dan Pindah ke Sukan

benuanta.co.id, BERAU – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Berau telah berencana tahun ini melakukan perbaikan Dermaga Teratai. Dermaga yang berlokasi depan pedestarian taman tepian sungai Segah jalan Pulau Derawan kini kondisinya mulai tidak representatif.

“Dan kami pernah berkoordinasi dengan Sekda terkait langkah-langkah ke depan. Karena memang Dermaga Teratai itu memang kondisinya harus direhab,” kata Kepala Dishub Berau Andi Marewangeng Senin (4/3/2024).

Tidak hanya diperbaiki, jembatan itu pun akan direlokasi karena ke depan pihaknya akan mencoba melakukan kajian lebih lanjut.

Baca Juga :  PT Berau Coal Gelar Kursus Lisensi Pelatihan D Nasional Selama 7 Hari

“Tujuannya, agar relokasi itu tepat sasar. Namun statusnya itu masih masuk dalam kawasan pelabuhan yang ada di Tanjung Redeb. Sehingga kami akan mengkaji ulang dan merelokasi pengembangan wilayah,” bebernya.

Disampaikannya, sesuai rencana, lokasi tempat tambat kapal itu akan pindah ke Sukan. Mengingat, sebuah pelabuhan cukup besar sudah dibangun di sana, dengan kedalaman mencapai 15 meter.

Baca Juga :  Dinkes Patikan Nihil Cacar Monyet di Berau

“Tak hanya itu, relokasi itu, dalam jangka panjang juga bertujuan untuk mengembangkan ekonomi masyarakat. Berikutnya memperluas cakupan wilayah potensial pariwisata Berau.

“Sehingga kalau dermaga kita yang di Teratai kita pindah ke Sukan maka ekonomi masyarakat Samburakat, Sukan, Bangun, dan Gurimbang itu akan meningkat,” tegasnya.

Pasca relokasi itu, kata dia, Dermaga Teratai selanjutnya akan disulap menjadi dermaga wisata. “Hal itu cukup strategis karena berdekatan dengan gedung baru Kantor Disbudpar.

Baca Juga :  Perhatian Pemkab Berau Terhadap Budaya dan Suku Dinilai Maksimal

“Kami diskusi dengan Sekda, dermaga yang ada akan kita kembangkan jadi dermaga wisata. Karena memang ke depannya di sana ada Kantor Dinas Pariwisata,” pungkasnya.(*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
790 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *