Gubernur Minta Pelaksanaan dan Pengelolaan APBD 2024 Dimaksimalkan

benuanta.co.id, Bulungan – Usai pelaksanaan apel pagi rutin, seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) berkumpul menerima pengarahan dari Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang beserta Wakil Gubernur, Yansen.

Gubernur Zainal dalam rapat itu membahas beberapa agenda, salah satunya terkait pelaksanaan dan pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Selain itu, ada juga perhatian khusus terhadap program pengentasan kemiskinan dan stunting di kalangan masyarakat Kaltara.

“Saya meminta agar kepala OPD memahami aturan, merancang program dan pelaporan dengan tepat, serta selalu melakukan koordinasi antar OPD terkait baik di level provinsi maupun pusat,” ujar Gubernur Zainal Senin, 29 Januari 2024.

Hal ini menjadi penting mengingat penyerapan anggaran Kaltara tahun sebelumnya masih berkisar 60-70 persen. Gubernur Zainal berharap agar tahun ini sebanyak mungkin rencana anggaran yang diajukan dapat dijalankan dan dimaksimalkan.

“Jika rencana tidak terserap berarti rencana tersebut hanya asal-asalan, dan seharusnya perencanaan yang benar sudah diajukan di awal,” tuturnya.

Masih mengenai pengentasan kemiskinan dan stunting, Gubernur Zainal meminta agar koordinasi dengan instansi terkait dilakukan agar program tersebut dapat dilaksanakan secara optimal.

“Tahun sebelumnya kita mampu menekan angka kemiskinan ekstrim di Kaltara. Oleh karena itu, di tahun 2024 ini diharapkan dapat lebih optimal lagi dalam melaksanakan kegiatan atau program penurunan kemiskinan dan stunting,” paparnya.

Tak hanya itu, mantan Wakapolda Kaltara ini mengharapkan supaya rapat evaluasi terus dilakukan guna mengevaluasi kegiatan. Evaluasi kerja ini akan dipimpin oleh Wakil Gubernur Kaltara dan diadakan setiap bulan.

“Dengan melakukan evaluasi, diharapkan dapat mengetahui apa yang sudah dilakukan, apa yang belum, apa yang sudah mencapai target, apa yang belum mencapai target,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu juga Gubernur Zainal juga meminta kepada masyarakat Kaltara untuk terus mendukung program kerja di daerah. Semua kegiatan Pemprov harus didukung penuh oleh masyarakat. (*) 

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Nicky Saputra 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *