836 Lembar Surat Suara di Berau Rusak

benuanta.co.id, BERAU – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau telah menyelesaikan rekapitulasi surat suara Pemilu 2024. Setelah proses sortir sekaligus pelipatan, yang dilakukan beberapa waktu lalu, alhasil ditemukan 132 surat suara cacat.

“Total tersebut terdiri dari 62 lembar surat suara pemilihan Presiden, 2 lembar surat suara pemilihan DPD, dan 14 lembar surat suara pemilihan DPRD Provinsi. Termasuk surat suara pemilihan DPRD Kabupaten yang terdiri dari 4 lembar surat suara pemilihan di dapil 1, 8 lembar surat suara pemilihan di dapil 2, 6 lembar surat suara pemilihan di dapil 3 serta 5 lembar surat suara pemilihan di dapil 4,” ucap Ketua KPU Berau, Budi Harianto pada Jumat (26/1/2024).

Selain rusak, KPU Berau, kata dia juga mencatat terdapat kekurangan jumlah surat suara.

Baca Juga :  Pemantau Pemilihan Bisa Ajukan Perselisihan Hasil Pilkada

“Di antaranya 29 lembar surat suara pemilihan DPD, 748 lembar surat suara pemilihan DPRD Kabupaten di dapil 1 serta 59 lembar untuk dapil 3,” ungkapnya.

Tak hanya itu, pihaknya menjelaskan dari kekurangan tersebut akibat human error dari pabrik pencetak surat suara, sehingga sudah mengajukan penambahan melalui KPU Provinsi.

“Baik yang rusak hasil sortir maupun yang kurang dari pabrikan, sudah kami mintakan ke KPU Provinsi untuk segera dicetak dan dikirim kembali ke KPU Berau. Tapi jadwal pasti pengiriman ulang kami tidak tahu,karena ini tergantung dari pabrik yang mencetaknya,” ujarnya.

Baca Juga :  Bawaslu Tarakan Terus Awasi Data Pemilih Pilkada 2024

Adapun sambung dia jumlah surat suara yang menjadi kebutuhan Kabupaten Berau di hari pencoblosan 14 Februari 2024 mendatang

“Ialah sebanyak 196.063 lembar untuk masing-masing pemilihan, dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 191.843 jiwa,” bebernya.

Kendati demikian dari jumlah surat suara yang ada, kata dia tersedia dua persen cadangan.

“Jadi jumlah surat suara yang ada itu sudah termasuk dengan 2 persen cadangan. Kita tunggu saja kekurangannya diberikan kembali oleh KPU Provinsi,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Presiden RI Kenalkan Presiden Terpilih Prabowo Kepada Paus Fransiskus

Reporter: Georgie

Editor: Nicky Saputra

Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
784 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *