2023 Perekaman KTP Ditargetkan 99,22 Persen

benuanta.co.id, Tanjung Selor – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kalimantan Utara (Kaltara) akan melakukan sistem jempol bola untuk pelayanan administrasi, dalam waktu dekat.

Sekertaris Disdukcapil, Kaltara Sumaji menjelaskan saat ini pihaknya sedang mengejar capaian perekaman di Kaltara. Apalagi utamanya pada pemilih pemula. Pihaknya sedang memfasilitasi Disdukcapil Bulungan untuk ke Long Lejuh dan desa sekitarnnya.

“Nanti di 24-29 Agustus akan melayani masyarakat di Krayan yang turun Disdukcapil Nunukan,”  jelasnya pda Rabu, 23 Agustus 2023.

Selain perekaman kata Sumaji, juga melayani pembuatan akta kelahiran dan dokumen kependudukan lainnya. Bahkan bisa dilakukan cetak ditempat. Tahun ini, perekaman ditargetkan sebesar 99,22 persen. Kemudian untuk akta kelahiran ditargetkan 98 persen. Hingga saat ini, khusus perekaman di Kaltara sudah sampai 99,7 persen.

“Digenjot wilayah yang jauh-jauh. Sebab untuk yang dekat, kabupaten/kota mampu melayani. Di luar wilayah yang jauh perlu campur tangan provinsi,” terangnya.

Program jemput bola, guna meningkatkan capaian perekaman KTP dan dokumen kependudukan. Program jemput bola ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat, khususnya mereka yang sakit dan lansia serta masyarakat di daerah pelosok agar mendapatkan layanan perekaman.

Lanjut dia menjelaskan bahwa tujuan administrasi kependudukan juga digunakan untuk menyediakan data dan informasi kependudukan secara nasional mengenai Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil pada berbagai tingkatan secara akurat, lengkap, mutakhir, dan mudah diakses sehingga menjadi acuan bagi perumusan kebijakan dan pembangunan pada umumnya, mewujudkan tertib Administrasi Kependudukan secara nasional dan terpadu, dan menyediakan data penduduk yang menjadi rujukan dasar bagi sektor terkait dalam penyelenggaraan setiap kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Nicky Saputra

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2519 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *