Islamic Center Direncanakan Dibangun di Tanjung Buyu

benuanta.co.id, BULUNGAN – Salah satu ikon yang akan dihadirkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) adalah bangunan Islamic Center. Tahapannya saat ini berupa tahapan perencanaan.

Lokasinya sendiri akan berada di Tanjung Buyu Kecamatan Tanjung Palas yang diintegrasikan dengan sebuah jembatan dari Tanjung Selor yang juga menghubungkan dengan Tanjung Palas.

“Kita akan hadirkan bangunan rumah ibadah yang representatif yaitu Islamic Center,” ucap Kepala Dinas PUPR Perkim Kaltara Ir. Helmi melalui Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Perkim Kaltara Ayub Reydon Lumban Tobing kepada benuanta.co.id.

Lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan Islamic Center sekitar 10 hektare yang kini dalam proses sehingga ke depannya lahan tersebut akan menjadi aset Pemprov Kaltara.

“Lahannya tengah berproses untuk legalitasnya sehingga nanti menjadi milik kita,” jelasnya.

Kata dia, supaya terintegrasi, untuk menuju ke lokasi pembangunan Islamic Center, Dinas PUPR Perkim Kaltara pun rencanakan akan melakukan pembangunan jembatan dari Tanjung Selor menuju Tanjung Buyu.

“Nanti ke sana ada jembatan ke Tanjung Buyu,” ujarnya.

Untuk studi kelayakan sendiri, anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp 500 juta dimana lahan yang akan digunakan untuk pembangunannya mencapai puluhan hektare.

Untuk diketahui, Islamic Center merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengedukasi dan pembinaan masyarakat mengenai ilmu agama Islam yang fungsinya memfasilitasi kebutuhan masyarakat muslim, beribadah, belajar dan berdagang, serta bermusyawarah. (*)

Reporter: Heri Muliadi

Editor: Yogi Wibawa

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2285 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *