Menelisik Sudut Unik Pesisir Kota Tarakan

benuanta.co.id, TARAKAN – Kota Tarakan merupakan daerah kepulauan yang dikelilingi oleh perairan laut yang menyimpan sejumlah kekayaan alam, seperti ikan maupun rumput laut.

Selain itu, kota yang memiliki julukan Bumi Paguntaka juga memiliki segudang destinasi wisata yang unik. Salah satunya perkampungan nelayan yang terletak di pesisir perairan Tarakan Barat yang diapit dua kelurahan yaitu Kelurahan Karang Rejo dan Kelurahan Selumit Pantai.

Selain memiliki panorama alam pesisir yang indah, di tempat ini pengunjung dapat melihat langsung sejumlah aktivitas para nelayan.

Tim benuanta.co.id melakukan penelusuran mulai dari Kelurahan Karang Rejo hingga Kelurahan Selumit Pantai. Yuk! simak tempat unik dan sejumlah aktivitas warga pesisir pantai.

  • Perkampungan Warna-Warni
Perkampungan warna-warni Karang Rejo (FOTO: OKTA BALANG/BENUANTA)

Untuk mencapai tempat ini, kamu bisa melewati samping gang sebelum komplek Ramayana Gusher Plaza, jika sudah masuk ke dalam gang, kamu bisa jalan terus hingga menemukan tembok yang dipenuhi dengan sejumlah lukisan mural warna-warni. Warga sekitar pun tak segan-segan memberikan keramahannya kepada pengunjung yang datang.

Saat melewati pemukiman warga, diusahakan agar pengunjung dapat menjaga kecepatan kendaraannya agar tidak menganggu kenyamanan warga sekitar. Tak lupa jangan sungkan bertanya kepada warga seputar tujuan perjalananmu, warga di sini ramah-ramah kok!

  • Jembatan Unik Karang Rejo
Jembatan Warna-warni Karang Rejo (FOTO: OKTA BALANG/BENUANTA)

Usai menelusuri pemukiman warna-warni, pengunjung akan bertemu dengan jembatan warna-warni yang diselilingnya dipenuhi dengan hamparan pohon mangrove. Selain memiliki udara yang segar, tempat ini juga memiliki panorama alam yang indah yang cocok untuk berswafoto bersama teman maupun keluarga.

  • Melihat Hilir Mudik Nelayan
Melihat Hilir Mudik Nelayan (FOTO: OKTA BALANG/BENUANTA)

Hiruk pikuk aktivitas nelayan tampak kental terasa ketika berada di dermaga kampung warna warni Karang Rejo. Pengunjung disuguhkan dengan pemandangan yang unik nan mempesona, sejumlah kapal berukuran besar maupun berukuran kecil tertambat dengan rapi. Selain itu, tampak sejumlah nelayan hendak melaut, adapula yang baru membawa sejumlah hasil tangkapannya. Bagi kalian yang hobi berburu foto, lokasi ini cocok untuk disingahi.

  • Produksi Rumput Laut
Melihat Aktivitas Pengerja Rumput Laut (FOTO: OKTA BALANG/BENUANTA)

Masih berada di dermaga Kelurahan Karang Rejo, terlihat sekumpulan ibu-ibu dengan lihai menangani sejumlah rumput laut, sejumlah aktivitas dilakukan seperti memilih bibit rumput laut, dan mengikat ke tali pancang yang nantinya akan dikembalikan lagi ke laut.

Aktivitas petani Rumput Laut (FOTO: OKTA BALANG/BENUANTA)

Dari kejahuan, terlihat 1 kelompok nelayan rumput laut tengah bersemangat memindahkan hasil panen rumput laut yang baru saja di ambil di Tanjung Karis, Kabupaten Bulungan. Adapun hasil yang didapatkan sebanyak  tujuh pikul atau setara dengan satu perahu. Usai melakukan pemindahan rumput laut dari kapal, sejumlah nelayan akan kembali melakukan sejumlah proses penjemuran hingga 4 hari lamanya. Namun, jika ada pembeli rumput dalam bentuk basah, para nelayan siap menjualnya saat itu juga.

  • Menjemur ikan
Aktivitas menjemur ikan (FOTO: OKTA BALANG/BENUANTA)

Lokasi tersebut tidak jauh dari tempat aktivitas pemindahan rumput laut. Jika cuaca cerah, sejumlah warga melakukan aktivitas penjemuran ikan. Terlihat seorang anak tengah membatu orang tuanya dalam proses penjemuran ikan.

  • Bongkar Muat Ikan Segar
Bongkar Muat Ikan Segar. (FOTO: OKTA BALANG/BENUANTA)

Aktifitas tersebut sering terlihat disepanjang dermaga antara Kelurahan Karang Rejo dengan Kelurahan Selumit Pantai, seorang nelayan tampak antusian memperlihatkan hasil tangkapannya.

Jadi bagaimana, apakah kalian tertarik menelusuri aktifitas para warga pesisir pantai Kelurahan Karang Rejo dan Kelurahan Selumit Pantai. (*)

Reporter: Okta Balang

Editor: Yogi Wibawa

Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
790 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *