Unit Usaha Cokelat Kulanta Binaan PT Berau Coal Raih Penghargaan Outstanding UMKM

benuanta.co.id, BERAU – Unit Usaha Cokelat Kulanta dari BUMK Surya Jaya Abadi Labanan Makarti yang bekerja sama dengan PT Berau Coal terus berupaya memaksimalkan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan produk terbaik.

Direktur BUMK Surya Jaya Abadi Labanan Makarti, Dea Nurwana Solihin mengatakan produknya tersebut sudah bermitra dengan PT Berau Coal sejak Oktober 2022.

“Berkat kerja sama dengan PT Berau Coal kami berhasil menciptakan berbagai inovasi produk cokelat dan meraih penghargaan Outstanding UMKM pada ajang Tjipta UMKM Fair 2024 yang diselenggarakan oleh Eka Tjipta Foundation Divisi Economic Empowerment pada 2 sampai 3 Oktober di Sinar Mas Land Plaza Thamrin Jakarta,” ucapnya, Rabu (9/10/2024).

Kata dia, Tjipta UMKM Fair merupakan acara tahunan yang diikuti oleh 6 pilar bisnis Sinar Mas, menjadi tempat bagi ribuan UMKM binaan untuk mempromosikan produk unggulan.

“Kami pada saat mengikuti acara tersebut pun didampingi PT Berau Coal untuk memperluas jaringan pasar melalui pelatihan pemasaran digital, serta mengembangkan bisnis yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Sinar Mas melalui pilar usahanya yaitu PT Berau Coal yang telah mendukung BUMK Surya Jaya Abadi hingga berhasil mendapatkan juara pertama Outstanding UMKM pada Tjipta UMKM Fair 2024.

Baca Juga :  Kapolres Pastikan Keamanan dan Netralitas di Pilkada 2024

“Cokelat Kulanta imi mendapat penghargaan dari ratusan UMKM yang ada di bawah dampingan pilar bisnis Sinar Mas,” imbuhnya.

Begitu pun Cokelat Kulanta adalah unit usaha yang berasal dari BUMK Surya Jaya Abadi serta fokus pada produksi cokelat berkualitas.

“Usaha ini merupakan hasil dari program pendampingan beberapa stakeholders. Seperti dari Pemerintah Kabupaten Berau melalui program Sigap, Dinas Perkebunan (Disbun) Berau, Pemerintah Kampung Labanan Makarti dan Diskoperindag,” ujarnya.

Termasuk ada campur tangan dari tim Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh PT Berau Coal selalu berkomitmen untuk memberdayakan ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di lingkar perusahaan.

“Atas dukungan dari berbagai pihak, kami bisa mengembangkan unit usaha Cokelat Kulanta hingga saat ini,” tuturnya.

Ia menyebutkan ada beberapa jumlah faktor penilaian berhasil mengantarkan Cokelat Kulanta menjadi juara pertama seperti pemanfaatan sumber daya lokal,
bahan baku kakao dari petani lokal

Bahkan menurutnya, tidak hanya meningkatkan kualitas produk, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perekonomian petani setempat.

Baca Juga :  Hasil Uji Lab Makanan Karyawan SMJ Positif Mengandung Salmonella

“Melalui riset dan pengembangan, Cokelat Kulanta menciptakan varian produk cokelat yang unik, seperti cokelat dengan rasa khas daerah, yang tentunya menarik perhatian konsumen,” terangnya.

Ia juga menjelaskan semua sumber daya coklat tersebut berhasil dikelola dengan maksimal pun atas pendampingan dari PT Berau Coal.

“Termasuk pelatihan manajemen, yang membantu Cokelat Kulanta dalam mengelola keuangan dan operasional usaha dengan lebih efektif,” bebernya.

“Selain pelatihan manajemen, banyak pendampingan dari PT Berau Coal yang secara komprehensif membantu perkembangan Cokelat Kulanta,” sambungnya.

Sebab pendampingan tersebut di antaranya, pelatihan manajemen keuangan, pemasaran, dan pengembangan produk untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan usaha.

“Serta bantuan sarana dan prasarana untuk Cokelat Kulanta,” singkatnya.

Terutama agar tidak ketinggalan, keterlibatan masyarakat setempat dalam proses produksi maka perlu ada kemampuan meningkatkan keterampilan dan menciptakan lapangan kerja baru, sehingga berdampak pada meningkatnya pendapatan masyarakat.

“Kualitas produk cokelat yang dihasilkan menjadi penilaian tertentu, termasuk rasa, kemasan, dan inovasi. Untuk penggunaan bahan baku kami pastikan berasal dari ramah lingkungan dan proses produksi yang minim limbah,” jelasnya.

Baca Juga :  Kapolres Pastikan Keamanan dan Netralitas di Pilkada 2024

Sementara itu, General Manager Operation Support and Relations PT Berau Coal, Cahyo Andrianto, melalui event ini, PT Berau Coal berkomitmen terus mengembangkan ekonomi yang kompetitif berbasis kearifan lokal melalui UMKM dari hulu ke hilir guna mendukung kemandirian masyarakat.

“UMKM memainkan peran penting dalam pertumbuhan perekonomian riil di Kabupaten Berau. PT Berau Coal selalu berkomitmen memajukan dan mendorong UMKM terutama yang berada di lingkar tambang untuk terus berinovasi, maju dan mandiri,” urainya.

Hal ini pun selaras dengan visi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian lokal dengan menciptakan peluang baru.

“Kegiatan ini pun dapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, institusi keuangan, dan masyarakat, sangat diperlukan untuk mendorong pertumbuhan UMKM yang berkelanjutan maju bersama Berau Coal,” pungkasnya. (adv)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *