Perlu Edukasi ke Warga Buang Sampah pada Tempatnya

benuanta.co.id, BERAU – Penanganan sampah di bantaran sungai yang berada di Kabupaten Berau masih dinilai belum maksimal. Hal tersebut disampaikan Anggota DPRD Berau, Elita Herlina yang melihat selama ini kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih terbilang rendah.

Bahkan dari Fenomena di lapangan, masih banyak masyarakat yang memanfaatkan sungai atau lahan-lahan kosong untuk membuah sampah limbah rumah tangga.

“Saya sangat menyayangkan fenomena tersebut. Sehingga menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Daerah untuk mengintervensi dan mengembalikan fungsi sungai ataupun lahan kosong tersebut sebagaimana mestinya,” ungkapnya, Kamis (10/10/2024).

Baca Juga :  DPRD Berau Apresiasi RT dan Lurah Ciptakan Lingkungan PHBS

Menurutnya, kurangnya kesadaran masyarakat dikhawatirkan akan menjadi kebiasaan untuk membuang sampah sembarangan tidak hanya di sungai tetapi juga di tempat umum.

Elita menilai membuang sampah di sungai atau tempat umum lainnya akan berdampak negatif pada lingkungan, terlebih saat musim hujan.

“Sampah akan membuat sungai semakin dangkal sehingga mengakibatkan banjir. Saya juga sering memberikan masukan agar tidak membuang sampah disungai. Tapi nyatanya banyak masyarakat yang belum sadar. Ini tentu akan sangat berbahay ketika musim hujan tiba, karena berpotensi menimbulkan banjir,” jelasnya.

Baca Juga :  Dorong Pelayanan Kader Posyandu jadi Lebih Baik

Elita mengatakan, salah satu upaya untuk menyadarkan masyarakat dari kebiasaan buruk ini adalah dengan menggandeng seluruh elemen masyarakat baik di tingkat kampung hingga kecamatan untuk ikut berperan dalam memberikan edukasi terkait bahaya membuang sampah sembarangan serta dampak yang akan ditimbulkan.

“Langkah dasarnya bisa melalui sosialisasi di tingkat RT. Lalu memberikan edukasi kepada anak-anak sejak dini pentingnya membuang sampah pada tempatnya. Tentu peran OPD terkait sangat dibutuhkan,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Imbau Pemerintah Gandeng Swalayan jadi Wadah UMKM

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *