Suaran Banjir, Pjs Bupati Berau Upaya Bangun Kembali Jembatan Baru

benuanta.co.id, BERAU – Jembatan penghubung di RT 1 ke RT 3 Kampung Suaran sepanjang 20 meter yang putus akibat terkena hempasan air luapan sungai beberapa hari lalu itu mendapat respons cepat dari Pemkab Berau.

Usai melihat lokasi jembatan pada Ahad (29/9/2024) siang, Pjs Bupati Berau Sufian Agus bersama Sekda, Asisten dan DPUPR Berau, Pemkab akan fasilitasi sementara waktu dengan perahu untuk akses anak sekolah dan masyarakat beraktivitas sebelum membuat keputusan membangun jembatan baru.

“Jadi memang jalan akses berputar itu cukup jauh sampai 1 km. Tapi tadi kita sudah diskusi dengan Sekda, Asisten, dan DPUPR, bahwa sementara bisa pakai perahu dulu,” ucapnya, Senin (30/9/2024).

Baca Juga :  Perlu Kolaborasi Cegah Tangkap Ikan Tidak Ramah Lingkungan

“Karena kan sekolahnya di seberang sini juga. Supaya anak-anak tetap bisa bersekolah dan masyarakat bisa beraktivitas,” tambahnya.

Ia juga mengatakan penggunaan perahu ini hanya bersifat sementara atau sebagai penanggulangan awal supaya masyarakat bisa menggunakan ini dan lebih dekat.

“Kasihan juga kalau terlalu jauh. Dan nanti kita segera rapatkan bagaimana agar jembatan ini kita bikinnya lebih bagus, lebih kuat, dan supaya saat hujan dan air meluap tidak berpengaruh pada kondisi jembatan,” bebernya.

Tak hanya itu, kata dia, usia jembatan penghubung yang sudah menginjak usia 20 tahun lebih tersebut, memang seharusnya melakukan peremajaan.

Baca Juga :  Hadir HUT ke-59, Pjs Bupati Sampaikan Andil Besar Bankaltimtara bagi Daerah

“Tapi, karena adanya perubahan susunan anggota DPRD periode 2024-2029 ini, tentunya ada perubahan juga pada anggaran. Semoga Banggar dan tim TAPD segera terbentuk, sehingga di anggaran murni 2025 nanti bisa dianggarkan untuk perencanaan jembatan Suaran itu,” ujarnya.

Ditanya terkait rencana jembatan baru yang dilengkapi dengan dermaga, Sufian mengatakan bisa saja ada dan nanti akan ada campur tangan pengelola oleh camat atau kepala kampung.

“Bahkan, pihak ketiga yakni perusahaan juga akan dilibatkan dalam perbaikan atau pembangunan jembatan Suaran tersebut, yaitu melalui dana CSR-nya,” jelasnya.

Baca Juga :  Diikuti 360 Peserta, Pjs Bupati Resmi Buka Turnamen Cahaya Berlian Open ke-5

Kendati demikian pihaknya menegaskan untuk persoalan darurat saat ini menjadi hal utama harus terselesaikan.

“Kalau untuk masalah jembatannya tidak bisa juga kita mau cepat-cepat meskipun ada dana darurat untuk bencana alam. Karena dana itu juga ada ketentuan penggunaannya untuk apa,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Ramli

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *