Penerimaan CASN dan PPPK Kaltara Didominasi Guru dan Nakes

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltara, Andi Ampriampa menyebutkan formasi tenaga pendidik atau guru dan tenaga kesehatan (Nakes) paling banyak dalam penerimaan Aparatur Negeri Sipil (ASN) dan Pegawai Pemerintah Perjanjian Kontrak (PPPK) tahun 2024 di Kalimantan Utara.

Pasalnya, dari 1.468 formasi ASN yang tersedia akan dialokasikan sekitar 1.403 PPPK dan 65 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Jumlah itu merupakan usulan yang sudah disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Andi menambahkan dari jumlah formasi tersebut nantinya akan diprioritaskan untuk tenaga guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis.

“Untuk tenaga guru tidak ada CPNS hanya PPPK sebanyak 110 orang. Lalu untuk tenaga Kesehatan CPNS-nya 7 kemudian PPPK 4. Nah untuk teknis itu ada 58 dan PPPK ada 1.489 jadi pembagiannya itu CPNS-nya 65 dan PPPK 1.403,” jelas Andi, Kamis (20/6).

Selain itu, pelaksanaan penerimaan CASN 2024 akan memprioritaskan tenaga non-ASN dan eks THK-2 yang telah masuk basis data Badan Kepegawaian Negara (BKN). Menurutnya, adanya prioritas itu merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam menghapus penggunaan tenaga honorer di Indonesia.

“Tidak hanya di Kaltara saja tapi secara Nasional kebutuhan ASN diberbagai daerah memang sangat kurang sehingga tahun ini dibukalah formasi ASN dan PPPK ini dengan total 2,3 juta,” jelasnya.

“Nantinya bagi tenaga honorer yang sudah terangkat akan mendapatkan kesempatan menjadi abdi Negara yang memang digaji sesuai standar ASN. Sekaligus hal ini juga menjadi upaya kita untuk memperhatikan tenaga honorer,” pungkasnya.(adv)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *