Arus Mudik Libur Akhir Tahun, Penumpang Pelabuhan Malundung Membludak

benuanta.co.id, TARAKAN – Lonjakan mudik libur tahun baru 2024 mulai terlihat di Pelabuhan Malundung Kota Tarakan. Tercatat terdapat 8.113 penumpang yang naik dan turun di Pelabuhan Malundung Tarakan selama berdirinya posko dibanding tahun sebelumnya 7.596 penumpang.

Embarkasi dan debarkasi penumpang pada akhir tahun 2023 ini disinyalir mengalami peningkatan sebesar 22 persen. Terakhir pada Kamis, 28 Desember 2023 sudah ada sebanyak 8.374 penumpang dibanding tahun 2022 lalu hanya 8.166 penumpang.

Ketua Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Bernard Martin Mastua mengatakan, terdapat empat kapal yang melayani penyebrangan selama mudik lebaran tahun baru diantaranya KM Lambelu, KM Bukit Siguntang, KM Sabuk Nusantara 116 dan KM Indomaya Express.

Baca Juga :  Ekspor Perikanan Kaltara Meningkat di Semester Pertama 2024

“Dibanding tahun lalu, ada kenaikan dua persen. Rutenya itu ada yang ke Nunukan, dua kapal. Tawau, satu kapal dan ke Toli-Toli,” ujarnya, Kamis (28/12/2023).

Ia melanjutkan, lonjakan penumpang ini kemungkinan masih akan terus terjadi, terlebih terdapat rute internasional yang telah dibuka kembali.

Kendati jumlah penumpang meledak di tahun ini, dari pantauannya seluruh penumpang terakomodir keberangkatannya.

Baca Juga :  Telkomsel Rayakan Hari Pelanggan Nasional dengan Semangat Tanpa Henti Melayani dari Hati

“Rata-rata penjualan tiket kapal ini semuanya online. Tidak ada tiket manual lagi. Pembelian tiket juga harus sesuai dengan identitas penumpang. Saya rasa bisa terakomodir selama persediaan (tiket) ada,” lanjutnya.

Selama posko didirikan, pihaknya belum menemui keluhan atau aduan dari penumpang yang berangkat maupun datang melalui Pelabuhan Malundung. Pihaknya juga memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang seperti melakukan sterilisasi di area terminal.

Baca Juga :  Rayakan HARPELNAS, BPJAMSOSTEK Tarakan Komitmen Beri Pelayanan Terbaik

“Kita menyiagakan 15 personel tim gabungan yang berjaga. Karena pengantar penumpang tidak boleh ikut masuk. Armada juga seluruhnya sudah dilakukan ramp check untuk keamanan pelayaran,” tutup Bernard.(*)

Reporter: Endah Agustina

Editor: Ramli

Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
790 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *