DPRD Kaltara Sambut Baik Rencana Berau Bergabung dengan Kaltara

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Hj. Ainun Farida menyambut baik rencana Kabupaten Berau bergabung dengan Provinsi Kaltara.

Hal itu diutarakannya saat menghadiri kegiatan penyampaian laporan akhir terkait kajian rencana penggabungan Kabupaten Berau dengan Provinsi Kaltara.

Kepada benuanta.co.id, Ainun menyatakan  langkah tersebut membuat Kaltara semakin besar sebagai daerah tingkat provinsi.

“Kalau kita sih fine-fine saja, bagus saja artinya Kaltara lebih besar lagi dengan bergabungnya Berau,” ucapnya, Senin (6/11/2023).

Baca Juga :  Anggota DPRD Kaltara Yacob Palung Minta Kontraktor Maksimalkan Perbaikan Fasum di Krayan 

Pasalnya, kata Ainun Berau dinilai memiliki banyak keunggulan dan potensi menjanjikan, mulai dari sektor pariwisata, geliat perekonomian, pengembangan dan pelestarian seni budaya, pembangunan infrastruktur dan lainnya.

“Itu sangat luar biasa ketika Berau bergabung dengan kita (Kaltara),” ujarnya.

Berdasarkan penyampaian kajian akhir yang diikuti, didapati sejumlah ketimpangan dari sisi Kaltara sebagai calon induk Berau ke depan. Namun Kaltara memiliki potensi menjanjikan dengan berbagai mega proyek yang berjalan.

Baca Juga :  DPRD Kaltara Berikan Apresiasi kepada Pemprov Kaltara Atas Raihan WTP

“Kalau sekarang memang dibilang masih banyak timpang, tapi ke depan ada KIHI, PLTA dan sebagainya, itu pemicu besar pembangunan dan perekonomian. Jadi banyak hal positif bisa diambil kedua belah pihak,” terangnya.

Tak hanya itu Ainun memahami jika salah satu faktor keraguan Berau menyambut ajakan Kaltara adalah postur APBD yang kecil. Sebagaimana diketahui, nominal APBD Kaltara berada di bawah nominal APBD Berau.

Baca Juga :  Anggota DPRD Kaltara Yacob Palung Minta Kontraktor Maksimalkan Perbaikan Fasum di Krayan 

“Kalau mereka lihat sekarang, APBD kita memang kecil, tapi ke depan ini bisa jauh lebih besar. Dari sisi geografis kan juga mereka dekat dengan kita, jadi apa salahnya untuk sama sama,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ike Julianti

Editor: Nicky Saputra 

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2087 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *