Libur Panjang, Sejumlah Destinasi Diprediksi Alami Peningkatan

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Memasuki libur panjang anak sekolah dan Idul Adha, sejumlah destinasi wisata di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) diprediksi akan mengalami peningkatan kunjungan wisatawan.

Destinasi-destinasi wisata yang diprediksikan bakal mengalami kenaikan kunjungan wisatawan ialah destinasi wisata yang sempat menjadi perwakilan Kaltara dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) seperti Desa wisata Tana Kuning, Desa wisata Metun Sajau dan Desa wisata Ardi Mulyo Kabupaten Bulungan, Desa wisata Setulang dan Desa wisata Pulau Sapi, Kabupaten Malinau, Pantai Amal Kota Tarakan dan Desa wisata Sumantipal Kabupaten Nunukan.

“Tidak hanya desa wisata ini saja, tapi desa wisata lainnya juga kita prediksikan akan mengalami kenaikan tingkat kunjungan wisatawan,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltara, Njau Anau pada Rabu, 28 Juni 2023.

Peningkatan kunjungan wisatawan ini diprediksikan oleh Dispar Kaltara karena adanya hari libur panjang anak sekolah. Bahkan Njau Anau menerangkan pada liburan hari Idul Fitri yang lalu, sejumlah destinasi wisata yang ada di Kaltara mengalami peningkatan kunjungan wisatawan yang sangat signifikan.

“Saat kita melakukan kunjungan pada hari libur idul fitri yang lalu kita melihat ada ribuan wisatawan yang ada di desa wisata Tana Kuning dan desa wisata Setulang,” lanjutnya lagi.

“Bahkan setiap hari kita melihat situasi Home Stay yang selalu penuh disewa wisatawan, sehingga kita pun melihat pada libur panjang nanti hal yang sama juga akan terjadi disejumlah lokasi wisata,” imbuhnya.

Adanya sejumlah destinasi wisata yang mumpuni ini juga diharapkan Njau tidak membuat warga lokal pergi berlibur keluar daerah, dan tetap memanfaatkan hari libur panjang dengan berwisata di destinasi wisata lokal.

“Tujuan kita memang menargetkan wisatawan lokal, karena kita ingin perputaran uang di Kaltara dapat berjalan baik dengan memanfaatkan sektor pariwisata,” pungkasnya. (*)

Reporter : Osarade

Editor: Nicky Saputra 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *