benuanta.co.id, BULUNGAN – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Danum Benuanta terus memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dimana setiap tahunnya menargetkan setidaknya 1.000 pelanggan per tahun.
Direktur Perumda Air Minum Danum Benuanta Kabupaten Bulungan, Winardi mengatakan hingga saat ini pelanggan air bersih di Kabupaten Bulungan telah mencapai 16 ribu pelanggan.
“Sampai saat ini pelanggan kita telah mencapai 16 ribu pelanggan yang sudah mendapatkan akses bersih,” ucap Winardi kepada benuanta.co.id, Rabu 13 April 2022.
Dirinya mengakui jika kendala yang dihadapi Perumda Air Minum Danum Benuanta untuk memasang pipa baru, terutama untuk wilayah pedalaman diantaranya Kecamatan Peso, Kecamatan Peso Hilir, Kecamatan Tanjung Palas Barat dan wilayah lainnya.
“Kami akui sampai saat ini jangkauan pasang pipa PDAM yang paling sulit adalah masuk ke wilayah pedalaman hulu Kabupaten Bulungan. Contohnya ke Peso,” tuturnya.
Pelanggan terbanyak masih terdapat di Kecamatan Tanjung Selor terutama wilayah perkotaan. Kesulitannya kata dia, kondisi geografis Bulungan yang berjauhan.
“Sebab daerah Bulungan ini daerah perbukitan dan gunung sehingga dengan SDM terbatas kami akan terus mencoba mewujudkan kebutuhan penyaluran air bersih,” ujarnya.
Langkah yang diambil Perumda Air Minum untuk pelanggan tetap bisa mendapatkan aliran air bersih. Dengan melakukan distribusi air bersih untuk daerah yang sering terdampak kekeringan ke desa-desa di Kabupaten Bulungan setiap harinya.
“Kami punya 7 unit PDAM di Kabupaten Bulungan akan kami maksimalkan beri layanan kebutuhan air bersih masyarakat yakni di Tanjung Selor, Tanjung Palas, Bunyu, Jelarai, Kilo 9, Bumi Rahayu, Sekatak,” pungkasnya. (*)
Reporter: Heri Muliadi
Editor: Ramli