benuanta.co.id, TARAKAN – Komitmen Pemerintah dalam memberikan jaminan kesehatan yang berkualitas kepada seluruh masyarakat Indonesia perlahan terwujud melalui program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang kini telah memasuki tahun ke-8 penyelenggaraannya.
Program JKN-KIS menjadi jaminan yang diberikan pemerintah, baik bagi masyarakat menengah ke bawah maupun masyarakat menengah ke atas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mudah tanpa harus memikirkan biaya yang dikeluarkan.
Sejak program JKN-KIS ini diselenggarakan, banyak masyarakat yang telah merasakan kemudahan dan keuntungannya sebagai bagian dari peserta JKN-KIS. Salah satunya adalah Junaidi (42) yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS melalui instansi tempat ia bekerja, sampai saat ini banyak kemudahan dan keuntungan yang telah ia dan keluarganya rasakan.
Saat ditemui tim Jamkesnews, Jumat (18/06/2021), Junaidi mengungkapkan bahwa dirinya bersyukur telah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS. Ia mengaku telah mendapatkan manfaat yang diberikan oleh Program JKN-KIS itu, terlebih saat proses persalinan istrinya dan perawatan anaknya saat sakit.
“Saya tidak ambil pusing memikirkan biaya yang akan dikeluarkan, cukup dengan Kartu JKN-KIS saja semuanya sudah dijamin BPJS Kesehatan. Istri saya melahirkan secara normal tanpa operasi, alhamdulillah berjalan normal,” ujarnya.
Selain itu Junaidi juga mengaku bahwa anak pertamanya juga pernah merasakan langsung menfaat program JKN-KIS, saat itu anaknya didiagnosa terkena penyakit demam berdarah.
“Saya sangat berterima kasih sekali adanya program JKN-KIS. Tanpa adanya JKN-KIS biaya persalinan istri saya dan perawatan anak saya sangatlah besar bagi saya, tetapi dengan adanya JKN-KIS jadi lebih ringan, bahkan tidak keluar uang sama sekali karena seluruh biaya pelayanan ditanggung BPJS Kesehatan,” tambah Junaidi.
Bagi Junaidi sendiri berdasarkan pengalaman pribadinya, ia tidak menemukan kendala yang berarti dalam menggunakan kartu JKN-KIS. Menurutnya pelayanan yang ia terima sangat baik.
“Berdasarkan pengalaman pribadi, tidak ada kesulitan yang berarti. Alhamdulillah semuanya lancar dan pelayanan yang kami terima sangat baik dari rumah sakit dan tidak dibeda-bedakan dengan pasien lainnya,” katanya.
Di akhir percakapan dengan tim Jamkesnews, Junaidi berharap semoga kedepannya program JKN-KIS yang dijalankan oleh BPJS Kesehatan semakin baik lagi.
“Harapannya sebagai peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan lebih baik lagi. Akses pelayanan kesehatan semakin mudah, pelayanan rumah sakitpun ditingkatkan. Sehingga tidak ada lagi kita mendengar peserta BPJS Kesehatan tidak dilayani dengan baik,” harapnya. (adv/oki)
Editor: M. Yanudin