Calon Jemaah Haji Se-Kaltara Diberikan Bimbingan Manasik dan Tauhid Haji

NUNUKAN – Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar bimbingan manasik dan tauhid haji 2020 se-Kaltara secara bergantian. Salah satunya di Kabupaten Nunukan, yang merupakan kali kedua. Di mana sebelumnya dilaksanakan di Kota Tarakan.

Calon jemaah haji tahun 2019 seharusnya sudah berangkat, namun karena pandemi covid-19 sehingga tertunda. Sehingga diharapkan tahun depan disegerakan menunaikan haji. Sebelum berangkat, calon jemaah haji terlebih dahulu akan dibimbing manasik dan tauhid haji, agar lebih siap untuk menjalankan ibadah hajinya.

“Agar calon jemaah haji bisa memahami manasik ini dengan sebaik-baiknya, bagaimana rukun haji dan wajib haji. Untuk tauhid haji ini adalah makanan-makanan batin, jadi kita harapkan jemaah haji tidak hanya memahami dari segi fikih, tetapi juga secara tauhid, sehingga para jemaah melaksanakan  haji ikhlas karena Allah,” kata Kepala Bidang Haji dan Bimas Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kaltara, H. Muhammad Ramli, kepada benuanta.co.id, Selasa (6/10/2020).

Baca Juga :  Patroli Perairan di Perbatasan, KUPP Sungai Nyamuk Optimis Wujudkan Perairan yang Tertib dan Patuh Hukum

Ditambahkan kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nunukan, Lisa Aryanti, bimbingan tauhid haji ini baru permata kali dilaksanakan di Kaltara. Sedangkan manasik sering dilaksanakan setiap tahun, baik itu ibadahnya, rukun-rukun dan sebagainya.

“Untuk tauhid tahun 2020 ini baru pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Nunukan. Karena pentingnya dipelajari tauhid untuk jemaah haji kita, sehingga mereka sudah mantap,” ujar Lisa Aryanti.

Baca Juga :  Sanksi Oknum Kadis Langgar Kode Etik ASN di Nunukan Tunggu dari BKN

Dia juga berharap dengan adanya kegiatan ini, peserta calon jemaah haji dapat menambah wawasan dalam bimbingan manasik dan tauhid haji. Pihaknya juga melibatkan penyuluhan agama Islam termasuk Kepala KUA agar bisa memberikan edukasi kepada colon jemaah haji kedepannya. Karena kedepannya akan ada manasik haji yang akan dilaksanakan oleh KUA. “Kami harapkan kepala KUA ini nantinya bisa memberikan edukasi kepada colon jemaah haji,” ujarnya.

Baca Juga :  BPS Nunukan Ambil Sampel Potensi Produktivitas Padi

Untuk calon jemaah haji di Kabupaten Nunukan saat ini sebanyak 140 orang. Sedangkan yang mengikuti bimbingan manasik dan tauhid haji sebanyak 80 orang di Kabupaten Nunukan. (*)

 

Reporter: Darmawan

Editor: M. Yanudin

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *