TARAKAN – General Manager PLN Unit Induk Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, Sigit Witjaksono memastikan kesiapan Listrik dan Layanan PLN di tengah masa tanggap darurat Coronavirus Desease 2019 (Covid-19).
“Kami pastikan bawah layanan listrik kami akan terus ada. Petugas kami 24 jam siaga untuk menjaga keandalan listrik untuk anda,” ungkap Sigit.
“Kami pastikan pendistribusian listrik ke rumah-rumah, perkantoran, rumah sakit, puskesmas, industri, pusat bisnis, tetap berjalan lancar, sehingga pelayanan aktivitas masyarakat dapat dilakukan dengan nyaman,” jelasnya.
Menurutnya, sejumlah petugas PLN Kaltim-Kaltara siagakan pada fasilitas kesehatan masyarakat untuk menjamin kelancaran listrik selama masa darurat corona ini.
Bahkan, kantor layanan PLN buka seperti biasa, masyarakat yang melakukan social distancing tetap dapat mengakses layanan PLN melalui contact center PLN 123 atau menggunakan aplikasi PLN mobile.
“Segera laporkan bila ada keluhan kelistrikan petugas kami akan segera menindaklanjutinya,” kata Sigit.
Manajer PLN UP3 Tarakan, Suparje Wardiyono menambahkan, PLN telah melakukan langkah-langkah preventif terhadap upaya pencegahan penyebaran virus corona di lingkungan tempat bekerja. Yaitu dengan melakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi pegawai dan tamu.
Selain itu, melakukan pengecekan riwayat perjalanan yang dilakukan di seluruh unit PLN Kaltimra dan juga menyediakan masker, hand sanitizer.
“PLN juga melakukan penyemprotan disinfektan di kantor PLN serta menyiapkan SOP Penerimaan Tamu Sesuai Edaran Direksi dan seluruh rapat atau pertemuan dilakukan dengan teknologi teleconference selama 14 hari kedepan,” ujar Suparje.
PLN mengimbau sesuai arahan pemerintah untuk mematuhi social distance meminimalkan dampak penyebaran, serta masyarakat dimudahkan untuk mendapat layanan PLN (Service From Home) pelanggan dapat memanfaatkan fitur melalui Call Centre PLN 123.
Kemudiam aplikasi one-stop service, PLN Mobile, yang dapat diunduh di Google Playstore untuk Android atau App Store untuk iOS demi kemudahan layanan kapan saja dan dimana saja, maka pelanggan lebih mudah mendapatkan informasi dari fitur-fitur berikut:
- Cek tagihan dan riwayat token;
- Permohonan Pasang Baru, Perubahan Daya, Penyambungan Sementara;
- Cek status pengaduan dan permohonan;
- Informasi tarif listrik terkini;
- Berita terkini mengenai PLN ;
- Informasi pemeliharaan listrik ; dan
- Telepon Contact Center PLN 123 dengan Voice over Internet Protocol (VoIP) Layanan Telp dengan Paket Data yang jauh lebih hemat dan mudah.(*)
Reporter: Ramli
Editor: M. Yanudin