BPJS Ketenagakerjaan Perkuat Layanan, RS di Kaltara Ikuti Pembinaan PLKK dan Sosialisasi Aplikasi JMO

Tarakan – BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kalimantan dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tarakan terus mengoptimalkan kualitas layanan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) bagi peserta. Hari ini, sejumlah perwakilan rumah sakit yang menjadi mitra Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) di Kalimantan Utara (Kaltara) mengikuti kegiatan Pembinaan PLKK dan Sosialisasi Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) yang diselenggarakan di Ruang Rapat Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tarakan.

​Acara ini diselenggarakan sebagai wujud komitmen BPJS Ketenagakerjaan dalam memastikan penanganan kasus kecelakaan kerja berjalan cepat, tepat, dan sesuai prosedur.

​Kepala Kantor Wilayah Kalimantan BPJS Ketenagakerjaan, Bapak Ady Hendratta, menekankan pentingnya sinergi yang kuat antara BPJS Ketenagakerjaan dengan seluruh mitra PLKK, khususnya rumah sakit.

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan Tarakan Giat Sosialisasikan JMO dan MLT untuk Tingkatkan Pelayanan dan Kesejahteraan Pekerja

​“Kualitas perlindungan yang kami berikan kepada pekerja sangat bergantung pada kesiapan dan kecepatan layanan di garis depan, yaitu para mitra PLKK. Pembinaan ini kami adakan untuk menyamakan persepsi, khususnya dalam implementasi sistem layanan terbaru, agar peserta kami, para pekerja, mendapatkan hak pengobatan dan pemulihan tanpa kendala,” ujar Bapak Ady Hendratta.

​Sinergi dan Digitalisasi untuk Pelayanan Prima

​Dalam kegiatan tersebut, peserta dari rumah sakit PLKK mendapatkan pemaparan mendalam mengenai:

​Pembaruan Regulasi dan Prosedur PLKK: Memastikan semua mitra memahami alur layanan JKK, mulai dari pelaporan hingga penyelesaian administrasi dan tagihan, sesuai dengan ketentuan terkini.

​Penerapan New e-PLKK: Penjelasan sistem digital terbaru untuk menjamin transparansi dan akuntabilitas dalam penanganan medis dan administrasi klaim kecelakaan kerja.

Baca Juga :  NTP Kaltara Naik, Daya Beli Petani Menguat pada Oktober

​Sosialisasi Aplikasi JMO: Pengenalan fitur-fitur terbaru pada aplikasi Jamsostek Mobile yang mempermudah peserta dalam mengakses layanan kepesertaan, termasuk informasi tentang PLKK terdekat.

Kepala Kantor Cabang Tarakan, Masbuki menambahkan bahwa transformasi digital melalui JMO dan New e-PLKK adalah kunci untuk mencapai pelayanan yang prima. “Digitalisasi bukan hanya tren, tapi kebutuhan untuk mempercepat proses. Dengan JMO, peserta bisa mengakses informasi dan layanan dengan mudah di genggaman tangan. Sementara bagi rumah sakit, e-PLKK membuat proses administrasi menjadi lebih efisien dan akuntabel,” jelasnya.

​Komitmen Bersama untuk Pekerja Kaltara

Ady berharap setelah pembinaan ini, kualitas pelayanan di rumah sakit mitra PLKK di seluruh Kalimantan Utara akan semakin meningkat.

Baca Juga :  NTP Kaltara Naik, Daya Beli Petani Menguat pada Oktober

​“Seluruh pekerja, dari sektor formal hingga pekerja rentan, memiliki hak yang sama atas perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Kami mengapresiasi kerja sama yang baik dari semua rumah sakit di Kaltara. Mari kita terus tingkatkan ikatan emosional dan kolaborasi demi memastikan pekerja yang mengalami musibah kecelakaan kerja mendapatkan penanganan terbaik hingga mereka pulih dan kembali produktif.

​Kegiatan ini menegaskan komitmen BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kalimantan untuk terus meningkatkan mutu dan aksesibilitas layanan bagi seluruh pekerja di Provinsi Kalimantan Utara.,” tutup Ady. (*) 

Editor: Ramli

WhatsApp
TERSEDIA VOUCHER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *