Anggota Komisi VII DPR RI Rahmawati Dorong Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Pariwisata

TANJUNG SELOR — Anggota Komisi VII DPR RI, Rahmawati Zainal Paliwang bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Diseminasi Strategi dan Komunikasi Pemasaran Pariwisata melalui Media Sosial di Hotel Luminor, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Rabu, 11 Juni 2025.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Rahmawati Zainal Paliwang. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya penguasaan media sosial sebagai alat promosi pariwisata yang efektif di era digital.

“Media sosial memberikan peluang besar untuk memperkenalkan potensi wisata daerah ke tingkat nasional maupun internasional. Saya berharap kegiatan ini bisa menjadi bekal nyata bagi pelaku pariwisata lokal agar lebih siap bersaing dan berinovasi,” ujar Rahmawati.

Baca Juga :  Pengusaha Kapal Internasional Keluhkan Denda Rp 1,6 Miliar, Imigrasi Nunukan Dinilai Tak Adil

Hadir pula dalam kegiatan ini, Bupati Bulungan, Syarwani yang mengapresiasi terselenggaranya pelatihan dan menekankan pentingnya pemanfaatan teknologi secara bijak.

“Kita tidak bisa menghindari kemajuan teknologi. Karena itu, mari kita gunakan media sosial dengan baik. Saya mengajak seluruh masyarakat, terutama generasi Z, untuk bijak dalam bermedia sosial. Ingat pepatah: mulutmu harimaumu—sekarang, media sosialmu adalah harimaumu. Gunakan untuk hal-hal positif. Mari kita bangun Bulungan bersama, kita angkat sektor pariwisata sebagai motor penggerak pertumbuhan perekonomian masyarakat,” terang Syarwani.

Baca Juga :  KM Sabuk Nusantara 97 Tabrak Perahu Bagan di Toli-Toli, Pelni Berikan Ganti Rugi

Perwakilan dari Kementerian Pariwisata RI, Nathalia Dyah Karisma B., selaku Ketua Tim Konten dan Sarana Promosi juga memberikan sambutan. Ia menyoroti pentingnya strategi konten yang kreatif, relevan, dan berkelanjutan untuk meningkatkan visibilitas destinasi wisata di media sosial.

Sebagai narasumber, Dede Kurniyawan memberikan materi yang aplikatif mengenai strategi pembuatan konten pariwisata, penggunaan fitur-fitur unggulan media sosial, serta cara membangun interaksi yang kuat dengan audiens digital.

Baca Juga :  Pengusaha Kapal Internasional Keluhkan Denda Rp 1,6 Miliar, Imigrasi Nunukan Dinilai Tak Adil

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai pelaku pariwisata lokal, pegiat media sosial, komunitas kreatif, serta perwakilan instansi terkait. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas SDM lokal dalam mempromosikan potensi wisata secara lebih profesional dan berdampak.

Melalui pelatihan ini, diharapkan sektor pariwisata di Kabupaten Bulungan dan wilayah sekitarnya dapat terus tumbuh dan dikenal lebih luas melalui strategi komunikasi digital yang tepat sasaran. (*)

Editor: Endah Agustina 

WhatsApp
TERSEDIA VOUCHER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *