benuanta.co.id, NUNUKAN – Pemerintah Kabupaten Nunukan resmi menunjuk dr. Andi Bau Tune Mangkau sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Nunukan yang baru sejak 9 Mei 2025 lalu.
Setelah mendapatkan mandat, dr. Andi Bau menegaskan program kerja yang akan dilaksanakan ke depannya lebih mengutamakan pelayanan yang prima dan terbaik bagi pasien.
“Dalam perjalanan kepemimpinan saya sebagai Plt. Direktur RSUD Nunukan ke depan mengutamakan pelayanan terbaik dan prima dengan menitik berat beberapa poin, pertama pelayanan profesional dan berorientasi pasien, kita ketahui sejak berdirinya RSUD Nunukan telah banyak pasien yang kita layani namun penilaian masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan masih dianggap kurang baik atau memuaskan bagi mereka, oleh itu kita harus menjadikan pasien sebagai pusat dari setiap tindakan kita,” ujar Andi Bau, Kamis (15/5/2025).
Ia mengajak para manajemen RSUD dan petugas kesehatan agar dalam pelayanan dengan mengutamakan empati, ramah, dan cepat, tanpa membedakan latar belakang apa pun.
“Kedua pemanfaatan teknologi dan inovasi artinya kita sadari dunia saat semakin maju dengan sistem digital yang semakin berkembang, seiring sejalan dengan perkembangan digital saat ini, dunia kesehatan juga harus mengambil momentum untuk meningkatkan pelayanan dalam bentuk digitalisasi, oleh karena itu kita juga akan terus mendorong digitalisasi pelayanan, efisiensi sistem informasi, dan inovasi pelayanan,” ungkapnya.
Ia mengatakan, teknologi bukan untuk menggantikan manusia, tetapi untuk mempermudah pekerjaan kita dan meningkatkan kualitas layanan kepada pasien.
Lalu poin ketiga yakni menekankan kolaborasi dan semangat kebersamaan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.
“Saya percaya rumah sakit ini hanya bisa maju jika kita saling percaya dan bekerja sama dalam memajukan rumah sakit ini dengan cara bangun budaya kerja yang saling menghargai, terbuka terhadap kritik, dan siap untuk terus belajar,” jelasnya.
Menurutnya, RSUD Nunukan memiliki potensi besar dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten, masyarakat yang mendukung, dan posisi strategis. Sehingga ia mengajak untuk melangkah bersama, untuk menghadapi tantangan ke depannya.
“Saya berharap jika dalam perjalanan kepemimpinan saya ke depannya peningkatan kualitas pelayanan yang lebih baik, cepat, mudah diakses, dan ramah. Juga kita wajib memberikan layanan yang berkualitas tinggi, seperti pelayanan medis, rawat inap, gawat darurat, serta pelayanan lainnya yang sesuai dengan standar nasional dan harapan pasien,” harapnya. (*)
Reporter: Novita A.K
Editor: Ramli