benuanta.co.id, NUNUKAN – Pemerintah Kabupaten Nunukan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terus berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat.
Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Nunukan, Wilson, menyampaikan salah satunya terobosan terbaru yakni percepatan waktu penyelesaian dokumen kependudukan yang kini dapat diselesaikan di hari yang sama.
“Perbaikan ini merupakan hasil nyata dari peremajaan perangkat kerja yang dilakukan dalam kurun waktu 1,5 tahun terakhir,” kata Wilson, Jumat (2/5/2025).
Dikatakannya, dengan dukungan penuh anggaran dari Pemerintah Daerah, pihaknya telah melakukan pengadaan dan pembaruan sejumlah perangkat komputer.
“Saat ini, dokumen dapat selesai pada hari yang sama. Dulu, masyarakat harus menunggu keesokan harinya. Tapi sekarang, dengan perangkat yang lebih baik, pelayanan menjadi lebih cepat dan efisien untuk memberikan pelayanan kependudukan kepada masyarakat,” ungkapnya.
Tak hanya itu, Wilson juga mengaku jika Disdukcapil telah mengantisipasi potensi gangguan teknis seperti pemadaman listrik dengan pengadaan genset sebagai sumber daya cadangan. Hal ini bertujuan agar pelayanan publik tetap berjalan lancar dan tidak terganggu oleh faktor eksternal.
Meskipun masih terdapat kendala teknis berupa gangguan jaringan akibat sistem SIAK yang terpusat secara nasional, secara umum proses pelayanan telah berjalan dengan baik dan minim hambatan.
Namun, Wilson juga menyoroti bahwa kondisi fisik gedung kantor Disdukcapil saat ini masih memerlukan pembaruan. Menurutnya, pembaruan gedung dan peningkatan sistem jaringan internal sangat penting untuk menunjang efisiensi pelayanan ke depan.
“Pada prinsipnya, Pemerintah Kabupaten Nunukan berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pelayanan publik, termasuk dalam hal administrasi kependudukan, demi mewujudkan tata kelola pemerintahan yang profesional dan berorientasi pada kepuasan masyarakat kita,” tegasnya. (*)
Reporter: Novita A.K
Editor: Yogi Wibawa