Upayakan Perkembangan Pasar Produk yang Lebih Besar di 2025

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Terus kembangkan pasar untuk produk lokal khas Provinsi Kalimantan Utara(Kaltara). Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kaltara terus lakukan upaya promosi dengan menampilkak produk unggulan Kaltara di event-event Nasional dan Internasional.

Saat dikonfirmasi Kepala Disperindagkop Kaltara, Hasriyani mengatakan dalam rangka mengembangkan pasar produk lokal pihaknya tidak hanya melakukan promosi ke luar Daerah saja. Tapi juga melakukan promosi ke luar Negeri dengan mengikuti event-event produk Internasional.

“Di beberapa event memang kita selalu mendapat undangan untuk memasarkan produk unggulan kita. Tapi ada juga kita yang meminta. Tujuannya tentu kita ingin memanfaatkan kesempatan itu untuk memasarkan produk lokal kita,” kata Hasriyani pada Kamis, 2 Januari 2025.

Baca Juga :  Disperindagkop dan UKM Kaltara Pastikan SOA Tetap Dianggarkan 

Meski demikian, ternyata tidak semua produk lokal dapat mengikuti event-event Nasional dan Internasional. Hasriyani menjelaskan dalam keikutsertaannya setiap produk lokal harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh pihak penyelenggara event.

“Ada produk kita yang standarnya regional saja, ada produk yang standarnya Nasional dan tentu bisa ikut dalam event Regional dan Nasional. Jadi ada standarnya,” lanjutnya lagi.

Baca Juga :  Disperindagkop dan UKM Kaltara Pastikan SOA Tetap Dianggarkan 

“Begitu juga yang standar Internasional, karena di Kaltara saat ini kita juga sudah punya beberapa produk lokal yang sudah berstandar Internsional dan bahkan sudah memiliki pasar Internasional,” jelasnya.

Selain itu, Disperindagkop Kaltara juga terus menjalin koordinasi dan komunikasi dengan sejumlah pihak terkait guna menciptakan sinergitas antara pemerintah daerah, pihak swasta dan masyarakat di Kaltara ini. Dimana dalam hal ini, Hasriyani mengaku sudah memiliki rekanaan yang sudah siap melakukan kerja sama dengan pelaku UMKM Kaltara.

Baca Juga :  Disperindagkop dan UKM Kaltara Pastikan SOA Tetap Dianggarkan 

“Melalui langkah ini kita berupaya untuk mengatasi masalah inflasi, meningkatkan perekonomian daerah, serta mendorong konsumsi produk-produk lokal yang berkualitas. Makanya kita sempat bekerja sama dengan desainer kondang Indonesia dan menjalin kerja sama dengan orang Indonesia yang ada di Luar Negeri,” pungkasnya. (*)

Reporter : Osarade

Editor: Nicky Saputra 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

WhatsApp
TERSEDIA VOUCHER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *