Pjs Bupati Minta RSUD Abdul Rivai Dilakukan Pembenahan

benuanta.co.id, BERAU – Penjabat sementara (Pjs) Bupati Berau, Sufian Agus saat mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Rivai, Tanjung Redeb, pada Selasa (15/10/2024) lalu guna melihat langsung pelayanan dan fasilitas penunjang kepada masyarakat.

Menurut Sufian, RSUD Abdul Rivai perlu dilakukan pembenahan seperti bangunan dan fasilitas kesehatan lainnya.

“Pasalnya fasilitas di rumah sakit tersebut banyak yang berumur tua sehingga perlu dilakukan pembenahan guna memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ucapnya Kamis (17/10/2024).

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim untuk meminta bantuan agar RSUD Abdul Rivai dapat segera dibenahi.

“RSUD Abdul Rivai banyak fasilitas yang sudah berumur tua, jadi Pemkab Berau akan melakukan pembenahan lagi, dan saya tadi sudah menelpon teman-teman dari provinsi untuk meminta bantuan,” ujarnya.

Baca Juga :  Jangan Bergantung pada Sektor Pertambangan, Pjs Bupati Berau Mau Pariwisata Terus Ditingkatkan

Menurutnya, struktur anggaran di Kabupaten Berau tidak mencukupi untuk melakukan pembenahan tersebut, dikarenakan terbagi dengan kegiatan-kegiatan lain yang dinilai sangat perlu.

“Saya juga melihat struktur anggaran kita di Kabupaten Berau ini tidak mencukupi karena kegiatan lain juga cukup banyak dan semua perlu,” ungkapnya.

Dirinya berharap, Pemprov Kaltim maupun pusat dapat segera menindaklanjuti dan secepatnya memberikan bantuan untuk Kabupaten Berau.

“Mudah-mudahan nanti kita bisa melobby baik itu dari provinsi maupun pusat,” bebernya.

Baca Juga :  Pjs Bupati Imbau Dinkes Segera Buka UGD 24 Jam di Puskesmas

Dirinya menambahkan, untuk alat kesehatan (alkes) Pemkab Berau telah menerima bantuan setiap tahunnya, namun untuk bantuan fisik harus menggunakan dana BLUD.

“Kalau untuk fisik menurut aturan harus menggunakan dan BLUD karena BLUD dan APBD tidak boleh jadi satu,” tuturnya.

Selain itu, Pemkab Berau juga akan memaksimalkan pelayanan Unit Gawat Darurat (UGD) 24 jam yang diharapkan dapat mengurangi jumlah pasien yang ada di RSUD Abdul Rivai.

“Selama ini kita kan tidak ada layanan di UGD nah itu yang sekarang lagi kita proses. Ini merupakan salah satu bentuk bagaimana kita mengatasi padatnya jumlah pasien yang ada di RSUD,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pjs Bupati Berau Cek Harga Sembako, Pedagang Curhat Minta Perbaikan Gedung

Kendati demikian dirinya berharap dengan persoalan masalah yang ada di RSUD dr Abdul Rivai Tanjung Redeb bisa cepat teratasi maka pelayanan kepada masyarakat kian prima.

“Semakin majunya setiap daerah masalah kesehatan juga semakin meningkat, untuk itu kita mengantisipasi dengan dibangunnya RSUD baru di Jalan Sultan Agung semoga bisa mengatasi permasalahan kesehatan di Berau,” pungkasnya. (*)

Reporter: Georgie

Editor: Nicky Saputra

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *