Upayakan UMKM Lokal Berkolaborasi di Event Perdagangan

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Promosikan produk UMKM Kalimantan Utara (Kaltara), Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kaltara berkolaborasi dengan Disperindagkop Kabupaten Nunukan di acara Trade Expo Indonesia (TEI) 2024 yang digelar Oktober ini di Jakarta oleh Kemendag RI.

TEI sendiri merupakan pameran dagang internasional yang berfokus pada B2B yang dirancang untuk mendorong pertumbuhan produk ekspor nasional dan memperluas pasar ekspornya.

“Kolaborasi ini kita lakukan bersama Disperindagkop Kaltara karena beberapa alasan, seperti ingin lebih memperkenalkan produk khas perbatasan Negara dan memberikan kesempatan produk khas Perbatasan untuk bersaing di Pasar Nasional dan Internasional,” kata Kepala Disperindagkop Kaltara, Hasriyani pada Senin, 14 Oktober 2024.

Baca Juga :  Bukan Sekedar Janji, Zainal A Paliwang Telah Lakukan Stabilisasi Harga Udang Kaltara

Dari kegiatan TEI ini, Hasriyani mengaku sangat puas karena produk Khas Daerah Nunukan mampu menarik perhatian pengunjung, bahkan membelinya dalam jumlah yang besar.

“Seperti garam, terasi dan produk lainnya, kerajinan tangan ternyata sangat dipuji oleh pengunjung. Bahkan beberapa pengunjung mengaku sangat tertarik untuk bekerja sama dalam penjualan produk khas Nunukan,” ujarnya.

Baca Juga :  Program Bantuan Usaha Kecil Sebesar Rp550 Juta Telah Disalurkan di Tahun 2024

Dari kesuksesan beberapa pameran perdagangan yang diikuti oleh Disperindagkop Kaltara, Hasriyani pun berharap agar ke depannya Kaltara dapat mengikut sertakan semua produk khas semua Kabupaten dan Kota yang ada di Kaltara untuk mengikuti event ini.

“Saya bercita-cita dan sangat berharap agar setiap momen bisa menciptakan satu sinergitas vaviliun bagi Provinsi Kaltara yang di di dalamnya diisi oleh potensi produk yang ada semua kabupaten dan kota di Kaltara,” lanjutnya lagi.

Baca Juga :  Tahun Depan, Disperingdakop Kaltara Fungsikan Rumah Garam Krayan

“Kita selalu mengupayakan agar semua pelaku UMKM dapat ikut serta event perdagangan agar dapat membesarkan potensi daerah dan meningkatkan ekonomi daerah,” pungkasnya. (*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *