Perluas Pelayanan Air Bersih, PDAM Bulungan Ganti Pipa PVC

benuanta.co.id, Bulungan – Tingkatkan kualitas layanan air bersih kepada masyarakat secara bertahap, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bulungan melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Danum Benuanta melakukan penggantian pipa distribusi dari Polyvinyl Chloride (PVC) menjadi High Density Polyethelene (HDPE).

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya peningkatan produksi air bersih dan memperluas jangkauan layanan pada pelanggan yang ada di Kabupaten Malinau. Saat dikonfirmasi Direktur PDAM Danum Benuanta Bulungan Eldiansyah, S.E mengungkapkan saat ini koneksi sambungan pipa untuk distribusi pelanggan di wilayah Jelarai yang sebelumnya menggunakan jenis pipa PVC 10 inch, telah diganti dengan pipa HDE 8 inch untuk memaksimalkan pedistribusian air bersih.

“Untuk optimalisasi distribusi telah dilakukan koneksi dari pipa PVC 10 inc ke pipa 8 inc HDPE sepanjang 2 kilometer sampai ke IPA (Instalasi Pengolahan Air) Sungai Buaya,”ungkap Direktur PDAM Danum Benuanta Bulungan Eldiansyah, pada Jumat, 11 Oktober 2024.

Ia menambahkan semua ini dilakukan guna memaksimalkan layanan dan tekanan aliranan air bersih. Dimana PDAM Bulungan melakukan pembenahan pembagian jalur distribusi untuk wilayah kilometer 2 dan juga perumahan Korpri nantinya dapat dilayani oleh instalasi Jelarai.

“Ke depan pelanggan di wilayah Korpri bisa kita layani lewat Jelarai. Saat ini sudah dibangun Intake berkapasitas 50 liter per detik. Targetnya Intake ini akan ditingkatkan kemampuanya hingga 100 liter per detik,”tambahnya.

Dijelaskannya, koneksi pipa Jelarai dilakukan sebagai langkah antisipasi ketika terjadi trouble di IPA Sungai Buaya sehingga dapat di backup oleh IPA Jelarai. Yang mampu mengcover hingga 3.500 pelanggan, bahkan jika IPA Jelarai nantinya ditingkatkan menjadi 100 liter per detik mampu melayani hingga 10 ribu pelanggan rumah tangga.

Dikatakan Eldiansyah, untuk perluasan layanan air bersih PDAM diwilayah terjauh seperti wilayah Selimau hingga Jelarai saat ini sudah terpasang pipa jaringan transmisi dan distribusi.

“Yang jelas jaringan pipa transmisi dan distribusi sudah terpasang, termasuk di perumahan kilometer 2 tinggal kita realisasikan (alirkan) airnya secepatnya. Insha Allah ketika listrik terpasang di instalasi Seriang sudah bisa dialirkan,”ujarnya.

Selain itu IPA Gunung Sering diproyeksikan dapat menjangkau layanan air ke wilayah terjauh seperti Jelarai bahkan hingga ke pemukiman arah Kabupaten Berau. Diterangkan, nantinya seluruh pipa PDAM yang sebelumnya memakai pipa PVC secara bertahap diganti dengan pipa HDPE. Pipa PVC selama ini untuk penyambungan menggunakan lem perekat dengan masa rekat terbatas, untuk usia pakai PVC berkisar antara 10 hingga 15 tahun.

Sedangkan pipa HDPE memiliki usia pakai hingga 50 tahun, dengan sistem peyambungan dengan dilelehkan menggunakan alat tertentu sehingga tidak memerlukan lem atau perekat sehingga meminimalisir kebocoran.

“Penggantian seluruh pipa PVC menjadi HDPE dilakukan secara bertahap. Diharapkan mampu menekan angka kehilangan air mencapai 10 persen per wilayah. Jaringan baru pakai HDPE, rata-rata wilayah kota sudah pakai HDPE, meski masih ada beberapa masih menggunakan pipa PVC bertahap kita akan ganti,” ulasnya.

Ia menambahkan, jika nantinya semua pipa PDAM sudah menggunakan HDPE tekanan air bisa dimaksimalkan pada angka 5 bar. PDAM Bulungan saat ini memiliki IPA dengan berkapasitas total 345 liter per detik sedangkan produksi air bersih saat ini rata-rata sekitar 285 liter per detik.

Selain mengargetkan pengembangan layanan hingga ke wilayah pemukiman terjauh, PDAM Bulungan juga mengembangkan layanan di permukiman baru yang tumbuh seiring peningkatan infrastruktur jalan yang dilakukan oleh Pemda Bulungan salah satunya di wilayah Bulu Perindu.

“Pemasangan jaringan diwilayah pemukiman baru Bulu Perindu, Insya Allah target selesai bulan Desember,”pungkasnya. (*)

Reporter : Osarade

Editor : Nicky Saputra

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *