Disdikbud Kaltara Ingin Adopsi Sistem Pendidikan Negara Finlandia

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Menuju transformasi pendidikan dalam rangka menyambut tantangan global, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) bakal belajar sistem transformasi pendidikan dari negara Finlandia.

Finlandia sendiri merupakan salah satu negara dengan penerapan sistem pendidikan terbaik di dunia. Oleh karena itu Disdikbud Kaltara berencana ingin sedikit mengadopsi sistem pendidikan ala Finlandia.

“Finlandia memiliki guru yang sangat kompeten dan termotivasi menjadi lokomotif sistem pendidikan di Finlandia. Guru tidak hanya ahli dalam bidang mata pelajaran mereka sendiri, tetapi juga ahli dalam pengajaran dan pembelajaran,” kata Kepala Disdikbud Provinsi Kaltara, Teguh Henri Sutanto, Selasa (8/10/2024).

Ia menambahkan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan mereka ke Finlandia beberapa waktu lalu. Ia turut mengundang Koordinator Perwakilan Edu Excellence di Indonesia Imanuel Iman Sine untuk membagi pengalaman bagaimana sistem pendidikan dan percepatan transformasi di negara tersebut.

“Kebetulan Pak Imanuel ini berkunjung ke beberapa daerah termasuk di Kaltara. Kita ingin melihat gambaran bagaimana tranformasi percepatan mutu pendidkan, serta apa yang bisa kita terapkan di Kaltara,” ujarnya.

Tak hanya itu, Teguh sapaannya, juga menuturkan ada beberapa poin penting utamanya pada metode pembelajaran yang bisa diadopsi. Seperti sistem pendidikan Finlandia yang sudah terbukti bisa menciptakan SDM unggul sehingga bisa memperkuat kesejahteraan masyarakatnya.

“Bahkan di Finlandia sendiri pernah terlahir perusahaan handphone terbesar di dunia yaitu Nokia, oleh karena itu kesempatan ini harus kita manfaatkan,” tuturnya.

Dia berharap dari kegiatan ini seluruh kepala sekolah yang hadir bisa mengambil contoh baik, sehingga bisa diterapkan.

“Meski kondisi dan kultur di Finlandia sangat berbeda dengan di sini, tapi kita harus berusaha untuk mengadopsinya agar ke depan anak-anak kita dapat menghadapi tantangan global,” tutupnya. (adv)

Reporter: Osarade

Editor: Yogi Wibawa

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *