Optimis Produk Kaltara Bisa Bersaing di Pasar Internasional

benuanta.co.id, TANJUNG SELOR – Beberapa produk lokas khas Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dapat berpartisipasi dalam China-Asean Expo (CAEXPO) 2024 di Nanning, Guangxi, Republik Rakyat Tiongkok.

Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi(Disperindagkop) Kaltara, optimis produk lokal Kaltara akan semakin menunjukan kualitasnya untuk bersaing di pasar global.

Menurut Kepala Disperindagkop Kaltara, Hasriyani saat ini tantangan bagi pelaku UMKM yang ingin mengembangkan produk ke pasar global, ialah menaikan kualitas produk serta standar dari produk tersebut.

Baca Juga :  Tahun Depan, Disperingdakop Kaltara Fungsikan Rumah Garam Krayan

“Tentunya standar dari pasar regional, nasional dan internasional itu berbeda-beda. Apalagi standar internasional yang memiliki kualifikasi lebih tinggi. Makanya hal itulah yang menjadi tantangan bagi kita,” kata Hasriyani, Jumat, 4 Oktober 2024 lalu.

Ia menambahkan saat ini salah satu produk Kaltara yang memiliki standar dan lisensi pasar internasional yaitu Marco Handmade dan D’Baloy, serta Perusahaan Rumput Laut PT. Seaweed Jaya Indonesia.

“Oleh karena itu kita juga ingin agar para pelaku UKM lainnya untuk bisa menyusul jika memang ingin mengembangkan pasar ke dunia Internasional,” ujarnya.

Baca Juga :  Upayakan UMKM Lokal Berkolaborasi di Event Perdagangan

Agar hal itu dapat terwujud, Hasriyani pun mengaku pihaknya rutin melakukan pendampingan melalui program sosialisasi dan pelatihan dari Disperindagkop Kaltara.

Di mana kegiatan-kegiatan itu, diharapkan mampu memberikan wawasan terhadap pelaku UKM mengenai peningkatan kualitas produk hingga kualitas yang memenuhi standar.

“Apalagi saat ini salah satu target kita ialah menyediakan pasar yang seluas-luasnya untuk produk Kaltara, oleh karena itu adanya uji kualifikasi produk hingga pemenuhan standar pasar harus kita kejar. Agar produk Kaltara tidak hanya sekadar mendapatkan pasar, tapi juga mendapatkan pelanggan yang banyak,” pungkasnya. (adv).

Baca Juga :  Upayakan UMKM Lokal Berkolaborasi di Event Perdagangan

Reporter : Osarade

Editor: Yogi Wibawa

TS Poll - Loading poll ...
Coming Soon
Calon Pemimpin Kaltara 2024-2029 Pilihanmu
{{ row.Answer_Title }} {{row.tsp_result_percent}} % {{row.Answer_Votes}} {{row.Answer_Votes}} ( {{row.tsp_result_percent}} % ) {{ tsp_result_no }}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *